Sahroni Sebut Usulan Fraksi Threshold Ngaco: Kalau Enggak Lolos itu Tunggu 5 Tahun Lagi

Politikus Nasdem Ahmad Sahroni berdebat dengan Ade Armando
Sumber :
  • tvOne

Jakarta – Politisi Partai Nasional Demokrat (NasDem), Ahmad Sahroni, beri jawaban menohok atas pernyataan politisi Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Ade Armando terkait usulan fraksi threshold, yang pertama kali dikemukakan oleh Wakil Ketua Dewan Pembina PSI, Grace Natalie.

Diduga Lecehkan Gadis Panti Asuhan, Ketua PSI di Surabaya Dipecat

Dalam perdebatannya saat acara Kabar Petang TvOne, Sahroni menanggapi pernyataan Ade yang mengatakan bahwa fraksi threshold akan merangkul deretan caleg-caleg yang memiliki suara terbanyak, namun partainya tidak dapat mencapai ambang batas atau parliamentary threshold (PT).

Sahroni menegaskan, bahwa fraksi threshold tidak masuk akal. Menurut dia, partai-partai yang tidak melebihi ambang batas PT bisa mengikuti proses demokrasi pada 5 tahun mendatang.

Giring Ingin Kembali ke Dunia Musik Usai Gagal di Politik, Grup Band Nidji Tutup Pintu

Bendahara Umum Partai Nasdem, Ahmad Sahroni

Photo :
  • DPR RI

"Kalau namanya partai politik dalam posisi berdemokrasi, dalam Pemilu 5 tahunan, kalau enggak masuk ya sudah tunggu lagi," kata Sahroni, pada Minggu, 3 Maret 2024.

Usai Gagal Nyaleg Giring Ingin Reuni Bareng Nidji, Randy Danistha: Sorry Ye!

Maka dari itu, Sahroni yang merupakan Wakil Ketua Komisi III DPR RI ini meminta kepada PSI untuk tidak mengusulkan gagasan yang aneh-aneh. "Jangan mengusulkan ide-ide seolah-olah caleg yang mumpuni masuk, ditaro satu tempat, satu fraksi, apa nama fraksinya?," ujarnya.

Sahroni juga menegaskan bahwa tidak semudah itu memasukan caleg-caleg yang tidak lolos untuk bergabung di Senayan.

"DPR itu adalah perwakilan dari partai politik, semua partai ada namanya, masa iya semua orang yang (gak) lolos dianggap lolos, terus masuk ke dalam satu fraksi yang namanya enggak jelas, apa namanya? Kan ngaco jadinya," ucap Sahroni.

Dalam kesempatan yang sama, politisi NasDem itu menyinggung Ade Armando agar PSI tidak memberikan ide-ide yang diluar nalar.

"Jangan dibikin ngaco-ngaco Repubik ini, jangan becanda Bang Ade. Bang Ade lebih ahli dalam mengkritik semua orang. Tapi jangan mengeluarkan ide-ide yang gak pantas gitu loh."

Seperti diberitakan sebelumnya, Ade mengatakan bahwa fraksi threshold justru akan memberikan kesempatan bagi caleg yang partainya tidak lolos ke Senayan, namun tetap bisa menjadi anggota DPR.

"Fraksi threshold ini adalah sebuah gagasan bagaimana caranya agar orang-orang atau partai yang tidak masuk DPR karena suaranya tidak mencukupi 4 persen itu, (kini) bisa bergabung dalam fraksi threshold yang kecil-kecil itu," kata Ade.

Dia juga mengungkapkan bahwa sebenarnya selalu ada orang mumpuni yang tergabung dalam partai-partai kecil dan banyak dipilih orang masyarakat.

"Jika ditanya tujuannya apa, supaya misalnya orang idealis, orang-orangnya cemerlang, dan sangat dipercaya oleh masyarakat itu juga bisa masuk ke dalam DPR dan mempengaruhi tugas-tugas DPR. Itu intinya," pungkasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya