9 Caleg Dapil Jabar III Lolos ke Senayan, Anak SYL Keok

Ilustrasi Pemilu.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Wahyu Putro A

Jakarta - Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah membacakan hasil rekapitulasi suara Pemilu Legislatif (Pileg) 2024 daerah Jawa Barat. Dari pembacaan tersebut, terdapat 9 nama yang lolos ke Senayan dari Daerah Pemilihan (Dapil) III Jawa Barat.

MK Sebut Hakim Arsul Sani Bisa Tangani Sengketa Pileg PPP

Tetapi, sejumlah tokoh lainnya termasuk istri kepala daerah hingga anak mantan menteri justru keok. Adapun para calon legislatif (caleg) memperebutkan sembilan kursi di Dapil III yang meliputi Kota Bogor dan Kabupaten Cianjur.

Perhitungan tersebut dilakukan dengan metode sainte lague. Partai Golkar dan Gerindra masing-masing mengamankan dua kursi di Dapil Jabar III. 

Istri Wali Kota Bogor Ajak Masyarakat Dukung Produk Lokal

Proses Pemungutan suara pemilu 2024. (foto ilustrasi)

Photo :
  • VIVA.co.id/Sherly (Tangerang)

Dua nama dari Partai Golkar itu, adalah Melli Darsa dengan perolehan 74.533 suara, dan Ilham Permana dengan perolehan 61.731 suara. Sementara dua nama dari Partai Gerindra adalah Kamrussamad dengan 70.309 suara dan Endang Setiyawati dengan 54.833 suara.

Jasad Ibu dan Dua Anak Korban Longsor di Garut Ditemukan

Nama lainnya yang lolos, yaitu Ecky Awal Mucharam dari PKS yang memperoleh 109.825 suara, Muhammad Abdul Azis Sefudin dari PDI-P yang memperoleh 97.123 suara, dan Neng Eem Marhamah Zulfa Hiz dari PKB yang memperoleh 55.332 suara.

Selanjutnya, ada Ananda Tohpati dari Partai Nasdem yang memperoleh 24.383 suara. Lalu, ada 

Kemudian, Ananda Tohpati yang merupakan anak Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya mengalahkan anak Mantan Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo (SYL), yaitu Indira Chunda Thita.

Pemilu/Ilustrasi

Photo :
  • ANTARA FOTO/Wahyu Putro A

Ananda Tohpati dari Partai Nasdem memperoleh 24.383 suara sementara Indira hanya memperoleh 21.544 suara. 

Lalu, istri Wali Kota Bogor Bima Arya, yaitu Ardian Rachman dikalahkan dengan Eddy Soeparno dari PAN. Ardian hanya memperoleh 29.084, sementara Eddy Soeparno memperoleh 66.703 suara.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya