Pilkada Bupati Halmahera Selatan, Eka Dahliani Siap Lanjutkan Program Mendiang Usman Sidik

Istri Bupati Halmahera Selatan Usman Sidik, Eka Dahliani Abusama Maju Pilkada
Sumber :
  • Istimewa

Jakarta – Istri mendiang Bupati Halmahera Selatan, Usman Sidik yakni Eka Dahliani Abusama disebut-sebut akan maju sebagai bakal calon Bupati Halmahera Selatan pada Pilkada Serentak 2024. Tentu, Eka akan melanjutkan program suaminya pada Pilkada 2024.

Risma Populer di Jatim tetapi Elektabilitas Khofifah Tinggi, Menurut Pakar Komunikasi Politik

Meski Usman Sidik memimpin dalam waktu yang singkat, tapi dianggap berhasil menata Ibu Kota Halmahera Selatan sekitar 2 tahun 6 bulan (2,5 tahun). Namun, masih banyak mimpi Bupati Usman Sidik yang belum dituntaskan karena berpulang ke pangkuan Ilahi sebelum masa tugasnya habis.

Makanya, Eka yang merupakan istri Usman Sidik meneguhkan hati untuk maju sebagai bakal calon Bupati Halmahera Selatan pada Pilkada 2024. Tentu, Eka sudah siap untuk mengorbankan statusnya sebagai aparatur sipil negara (ASN).

Salurkan Gaji hingga THR PNS, Sri Mulyani Sudah Gelontorkan Rp 70,7 Triliun

“Saya ini ASN. Pokonya apa yang terbaik untuk Halmahera Selatan, pasti saya berbuat yang terbaik,” kata Eka dikutip pada Minggu, 24 Maret 2024.

Sebagai ASN, karir Eka di dunia birokrat bisa dibilang mentereng. Ia adalah pegawai kementerian dengan sederet prestasi, diantaranya menjabat Kepala Satker pelaksanaan jalan nasional wilayah satu Provinsi Maluku Utara, Balai Pelaksanaan Jalan Nasional Maluku Utara, Direktorat Jenderal Bina Marga, Kementerian PUPR.

Megawati Belum Putuskan soal Usulan Kerja Sama dengan Prabowo

Selain itu, Eka ditugaskan ke Pemerintah Provinsi Maluku Utara atas permintaan Plt Gubernur Maluku, Yasin Ali untuk membantu tugas pemerintah provinsi sebagai Plt Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Maluku Utara. Sebab, birokrasi di lingkungan Pemerintah Provinsi Maluku Utara mengalami degradasi pasca ditangkapnya Gubernur Maluku nonaktif, Abdul Gani Kasuba (AGK) oleh KPK RI.

Maka dari itu, Eka mendapatkan restu positif dari publik Halmahera Selatan untuk maju pada Pilkada Serentak 2024. Tentunya, Eka akan diusung oleh Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) tempat almarhum suaminya bernaung untuk mengabdi di Kabupaten Halmahera Selatan. "Saya mohon doa dan disupport selalu," ujarnya.

Sebelumnya diberitakan, Bupati Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel) Usman Sidik meninggal dunia pada hari Minggu, 5 November 2023. Ia menghembuskan napas terakhir sekitar pukul 18.40 WIT di RSUD Labuha, Marabose, Halmahera Selatan, Maluku Utara.

Bupati Kabupaten Halmahera Selatan Usman Sidik saat main bola terjauh pingsan

Photo :
  • Dok. Diskominfo Halsel

Kabar mengenai meninggalnya Bupati Halmahera Selatan, Usman Sidik, pertama kali disampaikan oleh adik kandung Bupati, yakni Samsudin Sidik melalui pesan WhatsApp. Dia menulis kabar duka kakaknya itu. "Bupati telah meninggalkan kita semua. Innaa lillahi wa inna ilaihi rojiun," kata Samsudin Sidik.

Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel) Usman Sidik meninggal saat bermain sepak bola dalam meramaikan turnamen Bupati Cup II di lapangan GBK Tuwokona, Halmahera Selatan, Maluku Utara, Minggu (5/11/2023).

Peristiwa duka itu beredar di media sosial WhatsApp. Dalam video yang beredar tampak Bupati Halmahera Selatan Usman Sidik berada di tengah lapangan.

Ia berdiri sejenak menyaksikan pergerakan bola di daerah lawan, namun tiba-tiba terjatuh dan tidak sadarkan diri. Sontak pemain menghampiri memberikan pertolongan dan pertandingan dihentikan. Ia segera dilarikan ke RSUD Labuha menggunakan ambulans yang masuk ke tengah lapangan. Namun, nyawanya tidak tertolong.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya