Respons Refly Harun, Gerindra: Dia Sedang Frustasi

Habiburokhman: AMIN Jangan Aragon dan Paksa Pakai Fasilitas TNI
Sumber :
  • Istimewa

Jakarta Wakil Ketua Umum DPP Partai Gerindra Habiburokhman menyindir balik tim hukum Anies Badwrdan-Muhaimin Iskandar, Refly Harun, yang menyatakan tak puas dengan kesaksian empat menteri kabinet Jokowi pada sidang sengketa Pilpres 2024 di Mahkamah Konstusi (MK). 

Momen Mahfud MD, Ketua MA hingga Ketua THN Amin Baca Puisi di Halal Bihalal IKA UII

Dia berpendapat, pernyataan Refly dianggap sebagai bentuk frustasi dari kubu Anies-Cak Imin.

"Pernyataan Refly Harun 'Tak mungkin menteri tidak membela bosnya' seperti menunjukkan bahwa dia sedang frustrasi," kata Habiburokhman kepada wartawan, Senin, 8 April 2024.

PPP Bakal Gelar Rapimnas Tentukan Arah Politik, Berani Gak jadi Oposisi Prabowo?

Wakil Ketua Komisi III DPR itu lebih jauh mengatakan, target utama kubu Anies sebenarnya memperkuat argumentasi dalil mereka dengan kehadiran 4 menteri. Namun, menurutnya, kubu Anies tidak menyangka keempat menteri tersebut malah kompak memberikan keterangan yang seolah mematahkan argumentasi kubu Anies maupun tim Ganjar Pranowo-Mahfud MD

Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Habiburokhman

Photo :
  • Istimewa
Mardiono Akui Bakal Segera Temui Prabowo: Sedang Kita Atur Waktu

.

"Sebabnya target utama mereka memperkuat argumentasi dengan menghadirkan menteri-menteri Jokowi di persidangan ternyata berakhir anti klimaks. Tanpa mereka sangka, justru empat menteri secara kompak memberikan keterangan yang mematahkan seluruh argumentasi mereka bahwa pemerintah Jokowi menggunakan bansos sebagai instrumen untuk memenangkan paslon 2," kata Habiburokhman.

Elite Tim Kampanye Nasional atau TKN Prabowo-Gibran ini lantas mengulas keterangan Menkeu Sri Mulyani di sidang MK yang menegaskan penyusunan APBN tidak dipengaruhi pemilihan paslon pilpres. Sebab, lini masanya selesai pada September 2023, sementara penetapan paslon capres terjadi di November 2023.

Habiburokhman juga menyebut Sri Mulyani menegaskan dana yang digunakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat kunjungan kerja bukan dana bansos atau Perlinsos, tetapi Dana Operasional Presiden berdasarkan Permenkeu Nomor 48 tahun 2008.

Selain itu, Habib juga mengungkit Mensos Trirismaharini yang menyebut soal pencairan bansos awal tahun sudah dilakukan jauh sebelum dirinya menjabat dan bentuk yang disalurkan berupa cash transfer, tidak dalam bentuk barang sehingga sulit untuk diklaim oleh pihak tertentu.

Sementara itu, dia melanjutkan Menko PMK Muhajir Effendy mengatakan kunker Jokowi bukanlah hanya jelang pemilu karena hal tersebut sudah menjadi pola kepemimpinan Jokowi.

"Pernyataan Refly soal, 'Tak mungkin menteri tak membela bosnya' merendahkan martabat dan integritas para menteri tersebut. Di sisi lain pernyataan tersebut menunjukkan kebodohan Refly. Harusnya, kalau berasumsi 'Nggak mungkin menteri tak membela bosnya', mengapa dia sejak awal ngotot menghadirkan para menteri," ujarnya.

Juru Bicara Tim Nasional Pemenangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Amin) Refly Harun saat diwawancarai oleh wartawan di Padang, Sumatra Barat, Selasa, 28 November 2023.

Photo :
  • ANTARA/Muhammad Zulfikar

"Mereka tahu betul bahwa pernyataan empat menteri tersebut benar karena didukung dengan data akurat yang sejak lama diketahui oleh publik," kata Habiburokhman mengimbuhkan. 

Sebelumnya, MK menghadirkan empat menteri kabinet Jokowi dalam sidang sengketa Pilpres 2024. Keempat menteri yang memberikan keterangan itu ialah Menko PMK Muhadjir Effendy, Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, Menkeu Sri Mulyani, dan Mensos Tri Rismaharini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya