Mulai Bawa Api Abadi Mrapen ke Jakarta, PDIP Siap Tarung di Pilkada 2024

Ketua DPP PDIP Sukur H Nababan Menyulut Obor Api Abadi Mrapen (Foto: Youtube PDIP)
Sumber :
  • VIVA.co.id/Edwin Firdaus

Jakarta PDIP mulai menyalakan obor dengan api abadi Mrapen dari Grobokan, Jawa Tengah, untuk dibawa ke Jakarta. Nantinya, api itu akan menjadi pembukaan resmi rapat kerja nasional atau Rakernas V PDIP di Ancol, Jakarta yang dihelat pada 24-26 Mei 2024. 

Usai Resmi Didukung PKB Jakarta, Anies Baswedan Intens Dengan PDIP Untuk Diusung di Pilkada

Obor dinyalakan oleh Ketua DPP PDIP Sukur Nababan kemudian diberikan kepada para pelari untuk dibawa ke Jakarta.

“Teman-teman seperjuangan diamanapun berada. Sebagai seorang kader, Atasnama Ketua Umum PDI Perjuangan, Prof dr Hj. Megawati Soekarnoputri, dan atasnama dewan pimpinan pusat, saya Sukur Nababan menyulut obor ini,” ujarnya memegang obor berlogo PDIP di lokasi Api Abadi Mrapen, Jumat, 17 Mei 2024.

PDIP Ungkap Isi Buku Catatan yang Disita Penyidik KPK dari Staf Hasto

Ketua DPP PDIP Sukur H Nababan Menyulut Obor Api Abadi Mrapen (Foto: Youtube PDIP)

Photo :
  • VIVA.co.id/Edwin Firdaus

“Tadi sudah disampaikan oleh Pak Eriko mudah-mudahan api ini akan membara di dada kita semua. Ini adalah sebuah lambang, sehingga pada perhelatan kita nanti, di Pilkada 2024, dimanapun kita bertarung, PDI Perjuangan, kita menangkan dan kita kembali berkuasa di seluruh kabupaten/kota, dan provinsi di Indonesia,” kata Nababan menambahkan.

Soroti Wacana Duet Anies-Kaesang di Jakarta, Elite PDIP: Tak Usah Ulangi Tragedi di Pilpres

Sebelumnya, Ketua DPP PDIP Djarot Saiful Hidayat menjelaskan, api ini biasa dipakai dalam tradisi Pekan Olah Raga Nasional (PON). Nantinya, pasca mengambil api perjuangan dari Mrapen, akan dibawa dengan iring-iringan para kader partai dan melibatkan para atlet profesional.

"Akan dibawa lari oleh para kader partai, dengan melibatkan atlet maraton nasional dan daerah. Semangat mens sana in corpore sano digelorakan oleh PDI Perjuangan," kata Djarot di Kantor DPP PDIP, Jakarta, Kamis, 16 Mei 2024.

Mengenai Api Perjuangan tersebut, lanjut Djarot, nantinya api tersebut akan menempuh perjalanan sepanjang 526 km, melewati 20 kabupaten/kota di Provinsi Jawa Tengah, Jawa Barat, dan akan sampai di Jakarta pada 23 Mei 2024.

Api Perjuangan Nan Tak Kunjung Padam itu juga nantinya bakal ditempatkan di area rakernas dan menjadi api semangat di dalam melakukan konsolidasi partai, dan pemenangan Pilkada Serentak 27 November 2024.

Dengan menyalakan Api Perjuangan tersebut, PDIP mengajak seluruh partai politik, penyelenggara pemilu dan pemerintah negara untuk belajar dari dunia olah raga.

Djarot menyebut dalam olahraga ketaatan terhadap aturan main melalui wasit yang independen dan netral bersifat wajib.

"Olahraga mengajarkan budaya prestasi, bukan jalan pintas. Olah raga penuh dengan sportivitas, kejujuran, dan persaingan sehat atas dasar prestasi pun dikedepankan. Dalam dunia olah raga, kecurangan sangatlah dilarang. Penggunaan doping dan berbagai bentuk kecurangan merupakan pelanggaran etika dan hukum yang berat," kata Djarot.

Ia pun menegaskan bahwa rakernas nantinya akan mengusung tema "Satyam Eva Jayate, Kebenaran Pasti Menang" dan sub tema "Kekuatan Persatuan Rakyat, Jalan Kebenaran Yang Berjaya".

Ketua DPP PDIP, Djarot Saiful Hidayat, Konferensi Pers soal Rakernas ke-V di DPP PDIP, Jakarta Pusat

Photo :
  • VIVA.co.id/Rahmat Fatahillah Ilham

Djarot mengungkapkan, tema yang diambil menyesuaikan kondisi politik saat ini yang disebutnya penuh kegelapan.

"Rakernas V partai diadakan di tengah keprihatinan atas bekerjanya sisi-sisi gelap, kekuasaan melalui manipulasi hukum, penggunaan sumber daya negara dan alat-alat negara, serta berbagai upaya lain yang mengkerdilkan demokrasi. Meritokrasi dan supremasi hukum pun diganti dengan demokrasi kekuasaan hingga melahirkan berbagai praktik-praktik kecurangan pemilu," imbuhnya.

Ia menyebut acara Rakernas V ini nantinya akan dihadiri para kader partai berlambang banteng moncong putih dari berbagai daerah. Ketum Megawati Soekarnoputri juga akan memberikan pidato pembuka dalam acara tersebut.

Sejumlah isu terkini dan langkah PDIP ke depannya dipadtikan dibahas dalam rapat tersebut. Salah satunya, pembahasan soal pilkada serentak yang akan dimulai pada bulan November 2024.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya