Cegah Kadernya 'Dicuri' di Pilkada, PDIP Bakal Lakukan Ini

Ketua Steering Comittee (SC) Rapat Kerja Nasional (Rakernas) ke-V PDIP, Djarot Saiful Hidayat
Sumber :
  • VIVA.co.id/Rahmat Fatahillah Ilham

Jakarta - Ketua DPP PDIP, Djarot Saiful Hidayat menyatakan partainya segera memberikan surat penugasan bagi para kepala daerah PDIP yang dinilai berhasil untuk menggelar konsolidasi. Hal itu, klaim Djarot, dilakukan sebagai upaya mencegah kadernya dicuri.

Golkar Tak Bahas Peluang Duet Ridwan Kamil-Kaesang di Pilkada Jakarta

"Diberikan surat tugas untuk melakukan konsolidasi pemenangan di 3 pilar partai untuk melakukan komunikasi politik di masing-masing wilayahnya pada yang dikasih surat tugas dan untuk turun ke bawah untuk kita lihat hasil survei," kata Djarot dalam konferensi pers di Ancol, Jakarta Utara, dikutip Sabtu, 25 Mei 2024.

Ketua DPP PDI Perjuangan Bidang Kaderisasi Djarot Saiful Hidayat

Photo :
  • VIVA/Eduward Ambarita
Golkar: Ridwan Kamil Surveinya ke-3 di Jakarta, Idealnya Maju di Pilgub Jabar

Djarot menjelaskan dalam Rakernas partainya kali ini akan merumuskan secara garis besar strategi pemenangan Pilkada serentak 2024. Hal ini tertuang dalam sub komisi tiga kelompok serta akan mempertimbangkan bagaimana PDIP bisa bekerja sama dengan partai-partai lain di Pilkada 2024.

"Jadi sekali lagi meskipun PDI Perjuangan bisa maju sendiri, tapi tetap kita menjalin hubungan yang baik dengan partai-partai dengan mengedepankan kearifan lokal," kata Djarot.

Anies Baswedan dan Sandiaga Uno Bertemu, Ada Kemungkinan Duet Lagi di Pilkada Jakarta?

Selain itu, Djarot mengatakan surat tugas diberikan kepada para kepala daerah dari PDIP yang dianggap berhasil. Tugas itu untuk melakukan konsolidasi, salah satunya agar tidak ada kader potensial untuk Pilkada justru jadi incaran partai lain.

Ketua DPP PDIP, Djarot Saiful Hidayat, Konferensi Pers soal Rakernas ke-V di DPP PDIP, Jakarta Pusat

Photo :
  • VIVA.co.id/Rahmat Fatahillah Ilham

"Ini dimaksudkan bahwa mereka mendapatkan betul-betul penugasan dari DPP partai. Karena kalau nggak begitu tadi bener itu istilahnya dicuri atau diapa tadi, dicuri dan mencurikan diri," kata Djarot 

Djarot menekankan, hal tersebut merupakan komitmen partai. Ditambahkannya, PDIP menjunjung tinggi kesetiaan, yang bukan hanya kesetiaan pada partai, tapi juga kesetiaan pada rakyat dan pada konstitusi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya