HNW Ungkap PKS Jakarta Usul Anies jadi Cagub Jakarta, Koalisi Perubahan Bisa Reuni

Eks Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta – Wakil Ketua Majelis Syura PKS, Hidayat Nur Wahid alias HNW mengungkapkan bahwa DPW PKS Jakarta sudah mengusulkan Anies Baswedan untuk maju calon Gubernur Jakarta 2024.

Jusuf Kalla Persilakan Anies Baswedan Maju Pilkada Jakarta 2024

"DPW Jakarta mengusulkan Anies Baswedan ke Dewan Pimpinan Pusat (DPP) dan masih akan dibahas lagi," kata HNW, Selasa, 28 Mei 2024.

Menurut dia, Ketua PKS Jakarta sudah menyampaikan ke DPP, jika koalisi Partai Nasdem, PKS dan PKB potensi mengusulkan Anies sebagai calon gubernur.

Duet dengan Kaesang Dinilai Bisa Jadi Bumerang Buat Anies, Ini Sebabnya

Dia bilang jika pun Anies dicalonkan kembali jadi cagub, maka itu bukan hanya usulan dari PKS saja. Namun, dari kesepakatan tiga partai tersebut.

Wakil Ketua MPR RI Hidayat Nur Wahid alias HNW.

Photo :
  • istimewa
Kaesang Blak-blakan Suka Nonton Desak Anies: Bagus!

Syarat untuk mendukung satu pasang calon minimal memiliki 22 kursi di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jakarta.

Saat ini, PKS punya 18 kursi sebagai pemenang Pileg 20204 di Jakarta. Adapun PKB punya 10 kursi dan Nasdem mendapatkan 11 kursi.

Lebih lanjut, dia menuturkan, jika PKS dipertimbangkan sebagai pemenang atau dimenangkan rakyat di Jakarta, maka wajarnya bila kader PKS diprioritaskan sebagai bakal calon wakil gubernur.

HNW menyebut salah satu kader yang dipertimbangkan PKS sebagai bakal cawagub yakni Mardani Ali Sera.

Diketahui, Mardani pernah menjadi ketua tim pemenangan Anies di Pilgub Jakarta 2017.

Status Mardani saat ini merupakan Anggota DPR RI. Mardani yang juga Ketua DPP PKS itu terpilih lagi sebagai anggota DPR RI dapil Jakarta Timur periode 2024-2029 dengan suara terbanyak.

"Tapi, yang lain juga sangat mungkin. Ada kader-kader dari Jakarta yang memang adalah tokoh di Jakarta. Semuanya masih terbuka," kata HNW yang juga Wakil Ketua MPR tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya