Ruhut: Ibarat Voli, Saya Main Bola, SBY Smash

Sumber :
  • Auvanovic

VIVAnews - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono telah menanggapi pernyataan Ruhut Sitompul yang mengusulkan masa jabatan Presiden jadi tiga periode. Usulan politisi Partai Demokrat ini heboh hari ini, diprotes sejumlah kalangan.

Gowes Sepeda Kayu di Bundaran HI, Jokowi Jadi Buruan Swafoto Pengunjung CFD

Presiden SBY sendiri sudah menjawab keriuhan itu. Pada peringatan hari Konstitusi di Gedung MPR/DPR sore ini, SBY menegaskan sikapnya menolak memperpanjang jabatan presiden jadi 3 periode. Kekuasaan yang besar, tegas SBY, cenderung tergoda untuk menyeleweng.

Presiden SBY juga menyinggung soal estafet kepemimpinan ke anak dan istri. Memberi saluran khusus kepada anak-istri, katanya, sama sekali tidak etis dalam politik.

Rusia Masukkan Nama Presiden Zelesnkyy ke dalam Daftar Buronan

Semenjak kemarin, publik memang menyorot keras keluarga SBY, terutama setelah buku Agus Harimurti, putra sulung SBY, menjadi kado untuk tamu yang menghadiri HUT kemerdekaan RI di Istana Negara, 17 Agustus, kemarin. Kado buku itu dianggap sebagai pintu pembuka mengenalkan Agus kepada publik.

Akan halnya Ruhut Sitompul, si pelempar bara panas ini ke khayalak ramai. Usulan perpanjangan masa jabatan 3 periode itu, katanya, tidak direncanakan sebelumnya atau dirancang oleh Partai Demokrat.

Anies soal Tawaran Bikin Partai Perubahan: Itu Kreativitas Orang di Medsos

"Ini bukan settingan. Dari awal saya bilang, dari hati terdalam saya sedih lihat Republik ini, melihat tanggapan negatif terhadap pidato Presiden," kata Ruhut, Rabu 18 Agustus 2010.

Ruhut pun berkisah mengapa wacana soal perpanjangan masa jabatan presiden, yang ramai diprotes itu, dijawab oleh Presiden SBY yang juga Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat.

"Karena kami sudah sehati. Ibarat main voli, saya main bola, beliau smash. Yang namanya Ruhut itu anak buahnya. Tapi ini tidak kita set up [rencanakan]. Tapi memang bersyukurlah, aku ini memang ya muridnya SBY," ucap Ruhut.

Sebelumnya, Ruhut mengaku sudah pernah menyampaikan usulan itu kepada SBY sekitar 5 bulan lalu. Tapi kenapa setelah ditolak 5 bulan lalu itu, Ruhut lagi-lagi menyampaikannya hari ini, tepat di Peringatan Hari Konstitusi?

"Saya ngomong itu, biarlah orang terbuka, inilah Pak SBY. Pak SBY itu rendah hati, santun, tapi bukan orang yang ambisius. Beliau tidak mau melanggar Undang-Undang, beliau sangat menghormati konstitusi, dan sekarang hari konstiusi. Momennya tepat," ujar Ruhut.

Walaupun wacana yang dia kemukakan ditolak SBY dan dikecam sejumlah petinggi Partai Demokrat, Ruhut mengaku tidak mendapat sanksi.
"Oh tidak. Bapak paling sayang sama aku," kata Ruhut.

Prabowo bersama Luhut

Jubir Jelaskan Maksud Luhut Minta Prabowo Tak Bawa Orang 'Toxic' ke Pemerintahan

Baru-baru ini ramai dibicarakan soal Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan yang mengingatkan Prabowo untuk tak membawa orang toxic di Pemerintah

img_title
VIVA.co.id
5 Mei 2024