PDIP Jakarta Setor Nama Anies Baswedan ke DPP untuk Diusung di Pilkada Jakarta

Eks Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta – Dewan Pimpinan Daerah atau DPD PDIP Jakarta, telah menyerahkan rekomendasi nama-nama calon gubernur atau cagub yang akan diusung di Pilkada Jakarta 2024 ke Dewan Pimpinan Pusat partai. Dari nama-nama yang direkomendasikan tersebut, salah satunya adalah Anies Baswedan

PAN Resmi Berikan Surat Dukungan ke Bobby Nasution Maju di Pilgub Sumut 2024

"Sudah disampaikan semua nama-nama yang terjaring, termasuk Anies. Sudah lama malah ya, sebelum Rakernas puncaknya disampaikan secara massal waktu Rakernas partai yang kemarin," ujar Sekretaris DPD PDIP Jakarta, Pantas Nainggolan saat dihubungi, Selasa, 11 Juni 2024.

Pantas menambahkan, surat rekomendasi yang diserahkan ke DPP PDIP merupakan usulan sebagai tahap awal. Ia menegaskan, DPP PDIP yang memiliki wewenang untuk memutuskan siapa yang akan diusung di Pilkada Jakarta nantinya.

Alex Marwata Pastikan KPK Masih Berupaya Cari Harun Masiku

"Tinggal di DPP-nya digodog berdasarkan tidak ada satu partai pun yang bisa mengusung sendiri kan di DKI Jakarta. Nah maka kondisi-kondisi seperti itu mau tidak mau kan harus jadi pertimbangan-pertimbangan. Jadi tidak bisa juga ngotot-ngototan," jelasnya.

DPP PDIP, kata dia, akan melakukan penjaringan terhadap seluruh nama-nama yang diusulkan. Pantas yakin nama yang diusulkan oleh pihaknya akan menjadi bahan pertimbangan yang cukup buat partai.

Staf Sekjen PDIP Hasto Bongkar Kelakuan Penyidik KPK AKBP Rossa Purbo Bekti

"Nanti DPP akan melakukan proses penyaringan Kita meyakini bahwa DPW partai punya pertimbangan yang jauh lebih luas, jauh lebih kongkrit dan jauh lebih realistis. Apapun yang diputuskan itu DKI Jakarta yakin bahwa itu yang terbaik," tuturnya.

Sebelumnya, PDIP nampaknya semakin serius untuk mempertimbangkan mengusung Anies Baswedan di Pilgub Jakarta. Anies yang sempat menjadi Gubernur periode 2017-2022, masuk dalam beberapa nama yang dipertimbangkan partai tersebut diusung di pilkada 2024 ini.

Hal itu disampaikan Ketua DPP PDIP Eriko Sotarduga. Bahwa Anies Baswedan masuk dalam pertimbangan mereka untuk diusung. 

“Jakarta ini memang unik ya dan banyak juga teman-teman menyampaikan bahwa Pak Anies. Nah, saya kan sebutkan 6 nama, ada 2 nama belum disebutkan. Ya memang betul, itu satu Pak Anies,” kata Eriko kepada wartawan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, dikutip Selasa, 11 Juni 2024.

Eriko menyebut eks Gubernur Jakarta itu masih terlihat 'seksi' untuk dicalonkan kembali di Pilgub Jakarta. Dia pun menyinggung ucapan Ketua DPP PDIP Puan Maharani, yang mengaku tertarik mengusung Anies.

“Pak Anies memang sekarang menjadi satu hal yang seksi. Mbak Puan sudah menyampaikan menarik, Mas Bas (Ahmad Basarah), dan lain-lain,” katanya.

Lebih lanjut, Eriko mengungkap salah satu alasan PDIP mempertimbangkan Anies adalah karena nama dia di Jakarta masih diterima luas oleh warga Jakarta. Hal ini dilihat pada Pilpres 2024. Pada pilpres lalu, Anies adalah salah satu capres yang berpasangan dengan Muhaimin Iskandar atau Cak Imin.

“Kemarin itu Pak Anies hampir mengimbangi pasangan 02 (Prabowo-Gibran) ya di Pemilihan Presiden di Jakarta. Betul tidak? Kalau saya tidak salah, tertinggal tidak terlalu jauh. Nah ini mungkin perhitungannya,” jelasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya