SBY: Jangan Ada Manuver di Pergantian Kapolri

Presiden SBY pidato soal kasus Century dan Bibit-Chandra
Sumber :
  • Biro Pers Istana Presiden/Abror Rizki

VIVAnews - Menjelang pergantian pucuk pimpinan di kepolisian, kejaksaan dan TNI, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengingatkan semua pihak agar menahan diri, dan tidak melakukan manuver-manuver bersifat politis yang merusak etika pergantian tiga pimpinan di instansi tersebut.

SBY menegaskan, pergantian tersebut sudah  diatur dalam UU dan ada kode etik atau etikanya yang perlu dipegang teguh semua pihak.

"Dengan bahasa terang saya katakan tidak berharap ada manuver politik dari pihak manapun yang mencederai nilai dan etika yang harus sama-sama dijunjung tinggi," kata SBY dalam rapat terbatas di Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa 31 Agustus 2010.

SBY tidak mau ada keretakan atau konflik internal jika ada pejabat baru di lingkungan kepolisian, kejaksaan dan TNI. "Sesungguhnya kepolisian, kejaksaan dan TNI tidak ada di wilayah politik karena itu hakikatnya kepolisian, kejaksaan dan TNI tidak ada didomain politik," ujar dia.

Presiden dalam mengangkat Kapolri, Jaksa Agung dan Panglima TNI, kata dia, tidak semaunya sendiri. Tetapi ada norma dan aturan yang diikutinya sebagai bagian dari sistem pekerjaan. "Bukan karena manuver ke sana kemari, seolah-olah itu bisa membuka jalan," katanya.

Dalam pergantian tiga pucuk pimpinan ini, SBY mengaku mendapat banyak pesan singkat (SMS) dan pesan-pesan yang terkait pergantian tersebut. "Saya tidak begitu suka dengan SMS yang nyata-nyata menyampuradukkan, yang membawa misi kebaikan internal atau eksternal yang berkaitan dengan rencana pengkaderan di pimpinan Kepolisian, TNI, dan Kejaksaan. Pejabat-pejabat ini akan mengakhiri tugasnya sesuai UU yang ada," kata SBY.

Waketum Nasdem Temui Prabowo Subianto, Sinyal Gabung Koalisi Prabowo-Gibran Menguat?
Chery Omoda E5 di IIMS 2024

Ada yang Aneh dengan Bocah Viral Tabrakkan Chery Omoda E5 di Dalam Mall

Viral mobil menabrak tembok mal saat sedang dipamerkan di MOI Kelapa Gading, Jakarta Utara oleh bocah. Mobil tersebut adalah Chery Omoda E5. Apakah mobil sedang menyala?.

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024