Para Carik Tak Hadiri "Yogya Kota Republik"

Sidang rakyat Bantul untuk penetapan jabatan Gubernur DIY
Sumber :
  • VIVAnews

VIVAnews - Paguyuban Carik (Sekretaris Desa) se-Daerah Istimewa Yogyakarta dan juga Paguyuban 21 Daerah Istimewa Yogyakarta menyatakan tidak akan hadir dalam Kirab Pencanangan “Yogya Kota Republik” yang akan berlangsung Selasa 4 Januari 2011 mendatang.

Imbas Kematian Siswa Diduga Dianiaya, Kepala Sekolah SMKN 1 Nias Selatan Dibebastugaskan

Mereka tak ikut karena merasa tak dilibatkan dalam acara yang akan dimulai pada pukul 14.30 WIB dengan mengambil rute Stasiun Tugu Yogyakarta dan berakhir di Pagelaran Keraton Yogyakarta.

“Hingga hari ini saya sebagai Ketua Paguyuban Carik se-DIY dan juga Paguyuban 21 tidak pernah diajak bermusyawarah tentang rencana Pencanangan “Yogya Kota Republik” oleh panitia sehingga kami tidak akan hadir dalam acara tersebut,” kata Ariesman, Ketua Paguyuban Carik se-DIY dan juga Paguyuban 21 DIY, Senin, 3 Januari 2011

Manurut Ariesman, dirinya tidak ingin dipolitisasi ketika datang ke acara tersebut karena belum diajak bemusyawarah dan juga tidak mengetahui tujuan diadakannya acara tersebut. Jika memang acara tersebut terkait dengan keistimewaan Yogyakarta serta Paguyuban diajak musyawarah, maka berapapun masa yang diinginkan siap untuk dihadirkan.

“Paguyuban Carik sendiri anggotanya mencapai 393 orang dan paguyuban 21 DIY saat ini anggota mencapai lebih dari 5.000 orang. Kami siap hadir jika memang diajak berembug sebelumnya. Namun ,karena tidak berembug kita tidak akan hadir,” katanya.

Selain tak ingin dipolitisir, Aries menegaskan Carik atau Sekretaris Desa punya tanggung jawab untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat sehingga mereka memilih memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat daripada menghadiri acara tersebut

Sementara itu, Paguyuban Perangkat Desa Nusantara bersiap menghadiri Kirab Budaya itu. Ketua Divisi Litbang, DPD Parade Nusantara DIY, Fatoni Rustam, menyatakan siap untuk menghadiri acara tersebut dan perangkat desa yang menjadi anggota Parade Nusantara juga akan membuat barisan defile tersendiri.

“Kami akan mewakilkan sekitar 100 orang kepala desa di DIY ini untuk ikut defile pencanangan “Yogya Kota Republik",” ujarnya.

Dalam defile, nantinya para perangkat desa yang tergabung dalam DPD Parade Nusantara DIY juga akan membawa spanduk “Yogya Kota Republik" dan juga sepanduk dukungan keistimewaan DIY dengan penetapan jabatan gubernur dan wakil gubernur DIY.

“Parade Nusantara siap untuk mensukseskan acara "Yogya Kota Republik” yang nantinya Sri Sultan juga akan memberikan orasinya di alun-alun utara keraton Yogyakarta."
 
Seperti telah diberitakan sebelumnya kirab pencanangan "Yogya Kota Republik" akan digelar 4 Januari 2011. Dimulai dari Stasiun Tugu Yogyakarta menuju Pagelaran Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat. Tokoh yang akan hadir antara lain Sultan, Jendral (Purn) Try Soetrisno, Jendral (Purn) Tyasno Sudarto, Seniman Budayawan, Ormas, TNI, Polri, Lurah dan Dukuh se DIY, Pelajar dan Mahasiswa DIY serta masyarakat umum.

Laporan Juna Sanbawa | Yogyakarta

Hujan lebat melanda Kota Dubai, Uni Emirat Arab (UEA)

Hujan Badai di Dubai: Muazin Ubah Lafadz Azan, Netizen: Merinding!

Ini merupakan rekor curah hujan tinggi yang turun di Dubai selama 24 jam terakhir hingga jam 9 malam. Sekaligus curah hujan terbesar dalam 75 tahun terakhir.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024