Hanya Lima Partai Masuk DPR 2014?

Ratusan ribu kader & simpatisan PKS di Gelora Bung Karno
Sumber :
  • Antara/ Andika Wahyu

VIVAnews - Peneliti senior Lembaga Survei Indonesia, Burhanuddin Muhtadi, meyakini akan terjadi proses penyederhanaan partai pada 2014. Keyakinan itu berdasarkan hasil survei yang dilakukan LSI.

Ramalan Zodiak Kamis 25 April 2024, Libra Lajang Bertemu Seseorang Istimewa

Jika asumsi parliamentary threshold (PT) dinaikkan menjadi 5 persen dan Pemilu diadakan pada Desember 2010, hanya akan ada lima partai yang bisa masuk Dewan Perwakilan Rakyat 2014.

Dua partai di antara lima itu pun bak di lubang jarum karena survei membuktikan perolehan mereka di bawah lima persen. Hanya tiga partai yakni Partai Demokrat, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan dan Partai Golkar yang dipastikan lolos melenggang.

"Saya duga kalau PT naik jadi 5 persen, yang ada lolos ada lima sampai enam partai," kata Burhan di kantor LSI, Menteng, Jakarta, Kamis 6 Januari 2011.

Secara statistik partai yang aman berdasarkan survei terakhir LSI, hanya tiga partai yaitu Demokrat (21,4 persen), PDIP (14,1 persen), dan Golkar (12,7 persen). "Tetapi yang lain misalnya PKS yang dapat 4,6 persen plus margin of error 2,9 persen kan masih bisa lolos," kata Burhan.

Bila asumsi margin of error dipandang secara optimistis maka PKB (4,8 persen) dan PKS masih ada kemungkinan lolos parliamentary threshold 5 persen.

Survei terbaru LSI ini dilakukan untuk mengukur persepsi publik terhadap kondisi sosial kemasyarakatan secara umum seperti tentang bagaimana persepsi terhadap kondisi ekonomi, hukum, politik, serta keamanan dan ketertiban. Survei ini dilakukan pada 18-30 Desember 2010, mengambil sampel 1.229 responden yang tersebar di seluruh indonesia. Metode survei adalah wawancara tatap muka. Profil sampel tak berbeda jauh dengan Badan Pusat Statistik. Margin error diperkirakan 2,9 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

Capres Ganjar Pranowo

Ganjar soal Prabowo Bakal Rangkul Lawan Politik: Saya Lebih Baik di Luar Pemerintahan 

Calon presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo menegaskan tetap berada di luar pemerintahan sebagai penyeimbang. Tak berminat untuk bergabung dalam koalisi Prabowo-Gibran.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024