Kiai Sepuh Jawa Timur Diimbau Pulang ke PPP

Kembalinya Jemaah Haji Indonesia : Suryadharma Ali
Sumber :
  • Antara/Ismar Patrizki

VIVAnews - Setelah pada 25 Desember 2010 Partai Persatuan Pembangunan menerima kebulatan tekad kembali dari 36 kiai sepuh Jawa Timur, akhir pekan ini sejumlah kiai sepuh lagi menyusul. Ketua Umum PPP Suryadharma Ali bersama sejumlah pengurus teras PPP mendatangi kota demi kota di Jawa Timur.

Jika sebelumnya Suryadharma mendatangi wilayah Mataraman (eks Karesidenan Kediri, Karesidenan Bojonegoro, Karesidenan Surabaya), Sabtu 8 Januari 2011 kemarin, bersilaturahmi dengan sejumlah ulama se-tapal kuda (Karesidenan Besuki dan Karesidenan Malang Raya). Di sini, ia kembali menerima kesungguhan para kiai untuk bergabung kembali bersama PPP untuk perjuangan ahlussunnah wal jama'ah pada Pemilu 2014.

Suryadharma didampingi antara lain Suharso Monoarfa (bendahara umum DPP, sekaligus Menpera RI), Chozin Chumaidy (waketum DPP PPP), M. Romahurmuziy (wasekjen DPP/korwil Jatim), Ketua DPW PPP Jatim Musyafa Nur, dan Ketua DPC PPP Kab Pasuruan Agus Asy'ari, dan ketua DPC Kab Probolinggo, Habib Salim.

Safari diawali dengan kunjungan ke Pondok Pesantren Raudlotul 'Ulum, Besuki, Kabupaten Pasuruan, yang diasuh KH Mas Subadar. Pada kesempatan itu,  Suryadharma mengajak para kiai pulang ke PPP sebagai rumah sendiri. Ia menyanggupi permintaan para kiai tentang dijadikannya PPP sebagai garda terdepan perjuangan Islam ahlussunah wal jama'ah.

"Betapa pentingnya kebutuhan memperjuangkan politik Islam, karena masih banyak aspek kehidupan umat Islam yang belum terakomodir ke dalam sistem hukum negara. PPP siap menjadikan diri sebagai rumah besar politik Islam di Indonesia. Kalau Islam politik yang selama ini ada terus dipinggirkan, dikhawatirkan akan terjadi disharmoni," katanya dalam rilis yang diterima VIVAnews, Minggu 9 Januari 2011.

Hadir pada kesempatan pertemuan terbatas di kediaman Kiai Subadar adalah jajaran pengurus Nahdlatul Ulama dan Partai Kebangkitan Nasional Ulama di sekitarnya. Antara lain Rois Syuriah PCNU Kabupaten Pasuruan, KH Muzakki; Wakil, Ketua Tanfidziyah PCNU Kabupaten Pasuruan, KH Sonhaji; Wakil Ketua PCNU Kabupaten Pasuruan, KH Mukhtarl; Rois Dewan Syuro DPC PKNU Kabupaen Pasuruan, KH Najib Mi'ad; dan Wakil Ketua PCNU Probolinggo, KH Imron Mumakkin.

Suryadharma  mengajak para kiai bersama PPP untuk membangun akidah umat, bersama mengentaskan kemiskinan, dengan jalan mengembalikan Jawa Timur sebagai lumbung suara PPP secara nasional. Sekaligus jalan ini adalah membesarkan Islam dan membesarkan Islam politik di Indonesia.

Para kiai sepuh yang turut mendampingi dalam safari tersebut adalah KH Zainudin (Ploso, Kediri) dan KH Anwar Iskandar (Kediri). Sedangkan para kiai sepuh yang hadir antara lain KH Nuruddin (Probolinggo), KH Fahrurrozi (Bululawang, Malang), KH Abdul Majid Imron, dan KH Abdurrohman Syakur.

Safari berikutnya dilanjutkan ke PP Sidogiri, pondok pesantren tertua di Jawa Timur yang sudah berusia 273 tahun. Hadir hampir seluruh majelis pengasuh PP Sidogiri antara lain KH Nawawi Abd. Jalil, KH Fuad Nurhasan, KH Bahruddin Thayyib, KH Abdullah Syaukat Siraj, KH Nawawi Sa'doellah. Pada kesempatan tersebut,  Suryadharma meminta dukungan para pengasuh atas perjuangan politik Islam yang diemban PPP.

Jaksa KPK Panggil Febri Diansyah dkk ke Sidang SYL, Ini Alasannya
Pemain Teater Musikal Memeluk Mimpi-Mimpi: Merdeka Belajar, Merdeka Mencintai

Keren Banget, Sherina Main Teater Musikal Bareng Anak-Anak Sekolah

Sebagai pemeran utama dalam pertunjukan teater musikal ini, Sherina Munaf mengaku sangat bangga melihat anak-anak sekolah yang sangat pandai bermain musik orchestra.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024