Megawati: Saya Tidak Anti-Asing, Tapi...

Megawati Soekarnoputri pidato
Sumber :
  • Antara/ Nyoman Budhiana

VIVAnews - Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri menyampaikan sikap politiknya mengenai sistem pengelolaan sumber daya alam dan ketahanan pangan. Mega menegaskan Indonesia harus berdikari dalam meletakkan pilar-pilar ekonomi nasional.

"Saya tidak anti-asing, tapi mari kita letakkan skala prioritas pengabdian dan kepentingan nasional, setidaknya di sektor energi, sumber daya alam, dan ketahanan pangan," kata Megawati dalam acara HUT ke-38 PDI Perjuangan di Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Senin, 10 Januari 2010.

Mega menegaskan Indonesia harus mampu mencukupi kebutuhan pokok secara mandiri. "Ini yang saya maksud sebagai satu prinsip berdiri di atas kaki sendiri," katanya berapi-api.

Indonesia, menurut Megawati, sudah punya modal dasar yang besar untuk berdiri sendiri--mulai dari tanah yang subur, keindahan alam, keanekaragaman suku, agama, dan budaya. UUD 1945 pun, dia melanjutkan, telah mengamanatkan bahwa kedaulatan rakyat dan negara tidak boleh digusur atau dipertukarkan dengan kedaulatan pasar dan korporasi.

"Inilah masalah kita dalam lima tahun terakhir ini. Kita mengkhayalkan keberdikarian ekonomi sambil mengurangi kewenangan dan tanggung jawab negara, serta membiarkan produktivitas rakyat mati dalam persaingan yang tidak sehat." (kd)

Melemah di Level Rp 16.220 per Dolar AS, Rupiah Diproyeksi Menguat
Sekjen Kemenag Ali Ramdhani dan Plt Dirjen Pendidikan Islam bertemu Direktur IEP

Gandeng IEP, Kemenag Buka Peluang Sinergi dengan Perguruan Tinggi Amerika

Pembahasan rencana bersinergi ini berlangsung di Kantor Pusat Kementerian Agama (Kemenag) RI, Jakarta.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024