"Kinerja Menteri Tak Membaik, Ganti Saja"

Pelantikan Menteri : Kabinet Indonesia Bersatu II
Sumber :
  • AP Photo/Dita Alangkara

VIVAnews - Wakil Sekertaris Jendral Partai Demokrat Saan Mustopa menilai menteri yang tidak tidak menunjukkan kinerja dengan baik layak diganti. Siapa yang layak itu, menurutnya presiden yang tahu setelah menerima laporan kinerja menteri yang dibuat Unit Kerja Presiden bidang Pengawasan dan Pengendalian Pembangunan.

"Reshuffle tentu Presiden yang lebih tahu. Siapa saja menteri yang tidak kunjung maksimal," ujar Saan di Gedung DPR, Rabu 12 Januari 2011.

Menurut Saan, Presiden sudah banyak memberi kesempatan para menteri yang dalam laporan UKP4 sebelumnya mendapat rapor merah untuk memperbaiki. "Menteri-menteri lebih banyak diberi kesempatan oleh Presiden, tetapi kalau tidak kunjung memberikan kontribusi terhadap Presiden lebih bagus diganti saja," kata Saan.

Namun demikian, reshuffle atau tidak merupakan kewenangan presiden. "Tentang kinerja menteri, tentulah Presiden yang tahu dan siapa-siapa yang layak untuk diganti," katanya.

Sebelumnya, Anggota Dewan Pembina Demokrat Ahmad Mubarok mengimbau agar menteri-menteri di kementerian yang berkaitan dengan pelayanan publik seperti Kementerian Komunikasi dan Informasi serta Kementerian Hukum dan HAM, dijabat oleh kalangan profesional. "Karena menyangkut kesejahteraan dan kepentingan rakyat," kata Mubarok di Jakarta.

Oleh karena itu, imbuh Mubarok, Demokrat mendorong adanya reshuffle (perombakan) kabinet. Presiden diharapkan mengganti menteri-menteri di kementerian tersebut yang berasal dari partai, dengan mereka yang berbasis profesional murni. "Kementerian itu tidak maksimal karena terhambat kepentingan parpol," kata dia.

Presiden Yudhoyono hari ini rencananya akan menerima hasil evaluasi tahunan kabinet dari Unit Kerja Presiden bidang Pengawasan dan Pengendalian Pembangunan (UKP4). Menurut Kepala UKP4 Kuntoro Mangkusubroto beberapa waktu lalu, dalam laporan evaluasi tersebut masih ada kementerian yang memperoleh rapor merah. Namun ia menolak untuk menyebut secara spesifik kementerian mana yang ia maksud.

Fairuz A Rafiq Beberkan Kondisi Terkini Usai Dilarikan ke RS Bersama Buah Hati
Presiden Joko Widodo dan Yanda Zaihifni Ishak jadi saksi pernikahan

Momen Presiden Joko Widodo jadi Saksi Nikah Anak Wamenaker Afriansyah Noor

Presiden Joko Widodo bersama Yanda Zaihifni Ishak menghadiri acara pernikahan putri dari Wakil Menteri Ketenagakerjaan (Wamenaker) Afriansyah Noor.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024