SBY: Jangan Tarik Petani ke Politik

Presiden Yudhoyono panen raya di Dharmasraya Sumatera Barat
Sumber :
  • Antara/ Maril Gafur

VIVAnews - Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono mengingatkan semua elemen untuk tidak menarik kelompok petani dan nelayan ke ranah politik. SBY menegaskan keberadaan petani dan nelayan adalah sebagai pelaku utama dalam mewujudkan dan menjaga ketahanan dan ketersediaan pangan di Indonesia.

"Kesadaran itu penting, agar keberadaan petani dan nelayan di Indonesia tidak terkotak-kotak," kata SBY saat menghadiri pencanangan 'Gerakan Nasional Atasi Anomali Iklim Bersama-sama' di Desa Lebo, Kecamatan Kota, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur Jumat, 14 Januari 2011.

Selebihnya, SBY memberikan apresiasi kepada Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) sebagai pemrakarsa acara tersebut.  "Saya memberikan apresiasi yang tinggi kepada KTNA yang cerdas dalam menyikapi persoalan dengan cepat mengambil jalan keluar dalam menghadapi anomali iklim."

Dalam kesempatan itu, SBY juga mengajak masyarakat untuk bisa merubah kebiasaan konsumtif dan berlebihan. Di antaranya, dengan melakukan penghematan pada semua kebutuhan. Sementara kepada petani dan nelayan diminta untuk bisa adaptif dan inovatif menghadapi iklim ekstrim yang terjadi.

"Anomali iklim yang terjadi beberapa tahun terakhir ini memang mengganggu produktifitas. Belum lagi harga pangan dunia meroket yang berpengaruh pada harga pangan nasional," kata SBY.

Laporan Tudji Martudji | Surabaya, umi

Gong Yoo dan Song Hye Kyo Bakal Main Drama Sejarah Bareng
Timnas Indonesia

Fenomenal, Timnas Indonesia U-23 Lolos Semifinal Piala Asia U-23 Usai Kalahkan Korsel

Timnas Indonesia U-23 berhasil lolos ke babak semifinal Piala Asia U-23. Itu setelah mengalahkan Korea Selatan di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Qatar Jumat dini har

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024