PPP Belum Ikut Hak Menyatakan Pendapat

Suryadharma Ali
Sumber :
  • Antara/ R Sukendi

VIVAnews - Ketua Umum PPP Suryadharma Ali mengatakan partainya tidak mempertimbangkan menggunakan Hak Menyatakan Pendapat terkait kasus Bank Century. Menurut dia, lebih baik menciptakan kesejukan daripada hingar bingar politik.

"Belum mempertimbangkan untuk ikut dalam pernyataan pendapat itu," katanya usai memimpin rapat DPP PPP, Jumat 14 Januari 2011. "Lebih baik kita ciptakan kesejukan daripada politik hingar bingar."

Ketua Fraksi PPP Hasrul Azwar mengungkapkan, rapat dari pukul 14.00-17.30, itu tidak membahas sama sekali opsi PPP menggunakan Hak Menyatakan Pendapat. Menurutnya fraksinya masih berpedoman pada hasil paripurna bahwa penyelesaiannya dipercayakan pada pemerintah dan penegak hukum. "Sambil lihat perkembangan," katanya.

Sekretaris Fraksi PPP Romahurmuzy menambahkan, partainya menyikapi keputusan MK tentang pembatalan pasal persyaratan kuorum HMP, PPP menilai bahwa hal tersebut murni didasarkan atas pertimbangan konstitusional belaka, bukan atas pertimbangan politik apapun. Karenanya PPP tetap konsisten dengan hasil paripurna DPR tanggal 3 Maret 2010 yang menyerahkan persoalan ini sepenuhnya kepada lembaga penegak hukum.

"Hingga berakhirnya tenggat yang diberikan untuk recovery aset kepada pemerintah tahun 2012, PPP belum akan mengambil prakarsa dan melangkah pada penggunaan HMP," ujarnya.

Hak Menyatakan Pendapat menjadi ramai setelah Rabu lalu Mahkamah Konstitusi menyatakan syarat pengajuannya harus merujuk pada konstitusi yakni sidang paripurna dihadiri 2/3 anggota DPR. Aturan 3/4 anggota DPR dalam Undang-undang Nomor 27 Tahun 1999 lalu dinyatakan inkonstitusional. (umi)

Kala Prabowo Kenang Masa Digembleng Senior di TNI, Begini Kisahnya
Rawon Buntut

5 Hidangan Sup Terbaik di Dunia, Rawon dan Soto Betawi Peringkat Teratas

Sup dapat dihidangkan sebagai makanan pembuka atau hidangan utama. Terdapat 5 hidangan sup yang dinilai terbaik di dunia, rawon dan, Soto Betawi ada di peringkat teratas.

img_title
VIVA.co.id
5 Mei 2024