Kanker, Menkes Tak Takut Di-reshuffle

Menteri Kesehatan Endang Rahayu Sedyaningsih
Sumber :
  • Abror Rizki

VIVAnews - Menteri Kesehatan Endang Rahayu Sedyaningsih menegaskan,  tak takut dicopot dari kabinet sehubungan dengan penyakit kanker paru-paru yang dideritanya.

"Saya nggak takut di-reshuffle," kata Menkes di sela-sela Rapat Kerja dengan Komisi IX di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Selasa 18 Januari 2011.

Endang menekankan, dia menerima jabatan menteri karena amanah semata. "Saya mendapat amanah, maka saya kerjakan sebaik-baiknya. Kalau nantinya (kinerja saya) dianggap tidak bagus, ya sudah silakan di-reshuffle," kata Endang lagi.

Ia pun menyatakan tidak mempunyai keluhan mengenai penyakitnya. Ketika ditanya apakah dirinya saat ini dalam kondisi fit, Endang balik bertanya. "Kelihatannya bagaimana?" katanya sambil tertawa. Ia bahkan menantang wartawan untuk berenang guna membuktikan kemampuan fisiknya.

"Kamu bisa berenang nggak?" tanya Menkes. Ia pun kemudian meminta agar penyakitnya tidak dibesar-besarkan. "Jangan tanya soal kesehatan saya saja. Saya nggak mau ngomong soal itu lagi. Buang energi. Masih banyak hal yang lebih penting," katanya sembari menunjuk tumpukan dokumen rapat.

Kemarin, Menkes telah menjelaskan persoalan terkait penyakit yang diidapnya dalam konferensi pers di Kantor Kementerian Kesehatan. Ia mengakui menderita kanker paru-paru. Menkes sempat berobat ke Ghuangzhou, China. Ia kini berobat di RSPAD Jakarta dan kesehatannya terus dipantau oleh tim dokter khusus atas instruksi Presiden.

"(Penyakit saya) tidak mengganggu aktivitas. Jalan naik tangga saja masih bisa, apalagi untuk memimpin rapat," ujar Endang. Dalam raker dengan Komisi IX hari ini, Endang yang mengenakan baju biru tua pun terlihat sehat seperti biasa. (umi)

Lokasi Wisata di Jawa Tengah Ramai, Lonjakan Kendaraan Terjadi di Tol Semarang-Solo
Vino G Bastian

Babe Cabita Meninggal Dunia, Vino G Bastian Kehilangan Teman Motoran Bareng

Setelah saling mengenal dan berteman, Vino G Bastian mengungkap dirinya dan Babe Cabita kerap menghabiskan waktu untuk mengendarai motor atau motoran Vespa bersama.

img_title
VIVA.co.id
13 April 2024