Din Syamsuddin Kecewa Pertemuan dengan SBY

Tokoh Lintas Agama
Sumber :
  • Antara

VIVAnews - Ketua Umum PP Muhammadiyah Din Syamsuddin mengaku kecewa dengan sikap Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dalam pertemuan dengan tokoh lintas agama, Senin malam. Ada tiga poin yang dianggap mengecewakan.

Pertama, terkait penuntasan kasus Gayus Tambunan. Dalam pertemuan selama 4,5 jam, muali pukul 20.00 WIB Senin hingg pukul 00.30 WIB, Selasa 18 Januari 2011, tokoh lintas agama terus terang meminta SBY menyerahkan kasus Gayus ke KPK. Sebab kasus Gayus harusnya diselesaikan secara tegas dan cepat, tidak berlarut-larut seperti saat ini.

"Dan jawaban Presiden, kasus ini sudah ditangani lembega penegak hukum, Polri dan Kejaksaan. Padahal Presiden punya hak dan wewenang untuk memerintahkan agar penyelesaian kasus Gayus dipindah ke KPK," kata Din dalam jumpa pers di Jakarta, Selasa siang.

Selain Din, tokoh lintas agama yang turut hadir di Istana Negara adalah Ketua Persekutuan Gereja Indonesia Andreas Anangguru Yewangoe, Sekretaris Majelis Ulama Indonesia Ichwan Syam, Ketua Wali Umat Buddha Indonesia Hartati Murdaya, dan tokoh Khatolik Franz Magnis Suseno.

Kekecewaan yang kedua, jawaban SBY menyangkut pembuktian terbalik untuk mengungkap kasus korupsi. "Presiden mengatakan harus sesuai hukum yang berlaku. Saya sangat kecewa, karena harapan kami pemerintah bisa mengadakan danĀ  mengusulkan perubahan materi hukum yang kita miliki," kata dia.

Ketiga, soal penuntasan kasus Century. Soal ini SBY memang berjanji akan mengusut tuntas. Tokoh lintas agama menilai kasus mega skandal ini lambat dirampungkan. "Soal ini, kami tinggal melihat realisasi ucapannya saja, apakah tindakannya klop atau tidak dengan ucapannya," kata Din.

Kemenkominfo Gelar Talkshow “Rekam Jejak Digital di Ranah Pendidikan”
Sekjen DPP PKS Aboe Bakar Al Habsyi.

PKS Terbuka untuk Bertemu Prabowo tapi Bukan untuk Menyusul PKB

Sekretaris Jenderal PKS Aboe Bakar Al-Habsyi mengatakan rencana pertemuan dengan calon presiden terpilih Prabowo Subianto masih menunggu waktu yang tepat.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024