Tanpa Demokrat, Angket Pajak Banjir Dukungan?

Ketua Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat, Bambang Soesatyo.
Sumber :
  • VIVAnews/Adri Irianto

VIVAnews - Inisiator Hak Angket Perpajakan DPR yakin dukungan akan terus bergulir. Meski Fraksi Demokrat, PPP dan Kebangkitan Bangsa resmi menarik diri, dukungan diyakini akan terus bertambah pekan depan.

"Sampai Jumat (28 Januari 2011) sore kemarin, penandatangan Hak Angket sudah lebih dari 30 orang minus Demokrat dan PKB," kata salah satu inisiator Angket Pajak, Bambang Soesatyo, kepada VIVAnews.com.

Menurut politisi Golkar ini, diperkirakan pada Senin atau Selasa pekan depan jumlah dukungan bisa tembus angka 50 orang. Bambang menilai, angka dukungan itu sudah melebihi batas minimal dukungan 25 orang.

"Itu sudah lebih dari cukup untuk diajukan kembali ke pimpinan DPR, dibahas di Bamus (Badan Musyawarah) dan selanjutnya diagendakan di Paripurna," kata anggota Komisi III bidang Hukum DPR ini.

Bagi Bambang, dalam pengambilan keputusan nanti, rakyat dapat menilai pihak mana yang sesungguhnya selama ini melindungi mafia pajak dan sebaliknya, menutup-nutupi praktik korupsi dan kolusi di negara ini.

Delapan anggota Fraksi Partai Demokrat menarik dukungan usulan pembentukan Panitia Khusus (Pansus) Hak Angket mafia pajak. Terakhir adalah Sutjipto, yang menarik dukungan. Sutjipto mensinyalir ada kepentingan lain di balik penggalangan dukungan Angket ini. Tak hanya Demokrat, belakangan PPP dan PKB juga menarik dukungannya.

Para partai yang mundur mensinyair hak angket  akan digiring ke arah hak menyatakan pendapat, lalu berlanjut pada mosi tidak percaya kepada pemerintah, sehingga bermuara kepada pemakzulan.

"Bolanya belum ke tengah saja sudah banyak ancang-ancang ini itu. Jadi walaupun tujuan usul angket mulia, kami khawatir ada penumpang gelap," terang Sutjipto, Kamis 27 Januari lalu. (umi)

Menggabungkan Teknologi dan Kecantikan, Era Baru Perawatan Kulit dengan AI
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong

Shin Tae-yong Dapat Kabar Baik dari Erick Thohir soal Perpanjangan Kontrak

Pelatih TImnas Indonesia, Shin Tae-yong selangkah lagi akan mendapatkan perpanjangan kontrak dari PSSI. Erick Thohir memastikan jika hal itu dapat dicapai.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024