Demokrat Sesalkan Voting "Usir" Bibit-Chandra

Bibit Samad Rianto dan Chandra M Hamzah Saat Sidang MK
Sumber :
  • ANTARA/Yudhi Mahatma

VIVAnews - Anggota Fraksi Komisi III bidang Hukum DPR dari Fraksi Demokrat Saan Mustopa menyesalkan hasil kesepakatan rapat internal komisi yang dicapai melalui mekanisme voting. Hasil voting, yakni tidak memperkenankan dua pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Bibit Samad Rianto dan Chandra M Hamzah ikut serta dalam rapat-rapat dengan DPR.

"Bagi kami (Demokrat) ketika Kejaksaan sudah memberikan deponeering, persoalan Bibit dan Chandra itu sudah selesai," kata Saan usai rapat internal Komisi III di gedung DPR, Jakarta, Senin 31 Januari 2011.

Menurut Saan, status deponir atau pengesampingan perkara demi kepentingan umum itu tentu diberikan oleh Kejaksaan Agung melalui berbagai pertimbangan dan saran dari lembaga-lembaga tinggi negara lainnya.

"Tidak hanya DPR, tapi juga ada MA (Mahkamah Agung)," kata Saan. Dia heran dan tidak mengerti atas penolakan fraksi lain di Komisi III mengenai keikutsertaan Bibit dan Chandra dalam rapat dengan DPR.

Apakah penolakan ini terkait penahanan 19 politisi dalam kasus dugaan suap pemilihan Deputi Gubernur Bank Indonesia? "Saya tidak mengerti. Biar masyarakat menilai apakah mereka memang balas dendam terhadap KPK, atau tidak," kata dia.

Sementara, anggota Komisi III dari Fraksi PDI Perjuangan Topane Gayus Lumbuun menampik anggapan penolakan Bibit dan Chandra lantaran ingin membalas KPK. Apalagi dari jumlah itu, sebanyak 14 tersangka merupakan kader PDIP.

"Tidak ada kaitan," kata Lumbuun. "Bukan. Bukan karena kami mendapatkan sebuah tindakan. Ini hanya soal keikutsertaan dua pimpinan KPK yang bermasalah," bantah Lumbuun.

Rusia Telah Menangkap Pemodal Teroris Serangan Moskow, Ternyata Dikirim Melalui Ukraina
Pemain Arsenal, Gabriel Magalhaes merayakan gol

5 Bintang Arsenal Terancam Absen Lawan Man City! Perebutan Puncak Klasemen Makin Panas

Bukayo Saka adalah salah satu pemain Arsenal yang kabarnya akan absen saat melawan Manchester City pekan ini.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024