PDIP Putuskan Larang Bambang DH Mundur

Bambang DH berbincang dengan Tjahjo Kumolo (baju merah)
Sumber :
  • VIVAnews/ Beno Junianto

VIVAnews - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan memerintahkan Bambang DH untuk terus menjabat sebagai Wakil Walikota Surabaya mendampingi Walikota Tri Rismaharini. Menurut PDIP, keduanya harus menyelesaikan amanat rakyat memerintah selama lima tahun.

"Kemenangan pemilu kepala daerah merupakan momentum untuk mewujudkan komitmen partai dengan rakyat," kata Idham Samawi, Ketua Bidang Ideologi dan Kaderisasi PDIP, dalam jumpa pers usai rapat DPP dengan Bambang DH di kantor pusat PDIP Lenteng Agung, Jakarta, Jumat 4 Februari 2011.

Karena itu, kata Idham, kemenangan pemilukada di Kota Surabaya merupakan perwujudan amanat rakyat melalui pasangan calon yang diusung oleh PDI Perjuangan. Amanat rakyat itu, kata mantan Bupati Bantul itu, disandang pasangan Tri Rismaharini MT, dan Drs Bambang DH, MPd, sebagai pasangan walikota dan wakil walikota Surabaya yang diusung oleh PDI perjuangan,

Kemudian, tugas utama fraksi PDI Perjuangan DPRD Kota Surabaya adalah mendukung pemerintahan Kota Surabaya di bawah kepemimpinan Tri Rismaharini dan Bambang DH. Kerjasama diperlukan guna memenuhi seluruh janji kampanye melalui visi dan misi, untuk kepentingan masyarakat Surabaya, sekaligus melanjutkan prestasi kepemimpinan Bambang DH, yang oleh rakyat yang telah dipercayai.

"DPP PDI Perjuangan menegaskan bahwa pasangan walikota dan wakil adalah pasangan yang telah dipercaya oleh rakyat Surabaya, sehingga memberikan jaminan terhadap pelaksanaan tugas keduanya sesuai dengan masa jabatannya," kata Idham Samawi menjelaskan isi rapat yang dipimpin langsung oleh Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri itu.

Kemudian, Dewan Pimpinan Cabang PDIP Surabaya juga diminta untuk melakukan rekonsiliasi. Fraksi PDI Perjuangan DPRD Surabaya agar menjadi pilar stabilitas pemerintahan Kota Surabaya dengan membangun komunikasi politik dengan fraksi lainnya.

Sementara soal Bambang DH, "DPP partai tidak menyetujui pengunduran diri Saudara Bambang sebagai Wakil Walikota, dan memerintahkan Bambang untuk terus memerintah," ujar Idham.

Selanjutnya, "DPP partai menyampaikan permohonan maaf kepada masyarakat Kota Surabaya atas masalah tersebut."

Sebelumnya, DPRD Kota Surabaya berencana memakzulkan Risma dari kursi Walikota Surabaya. Fraksi PDIP DPRD Kota Surabaya juga mendukung upaya ini padahal dalam pemilihan kepala daerah lalu, PDIP merupakan pengusungnya.

Belakangan, Wakil Walikota Bambang DH yang juga fungsionaris PDIP Jawa Timur mengajukan pengunduran diri. Bambang mengaku tidak mau dituduh berada di balik upaya pemakzulan Risma. (umi)

Kembali Beroperasi, Pabrik Roti di Gaza Diserbu Ratusan Warga Palestina hingga Antre Berjam-jam
Timnas Indonesia vs Australia di Piala Asia U-23

5 Fakta Menarik Timnas Indonesia Usai Hancurkan Australia di Piala Asia U-23

Timnas Indonesia meraih kemenangan atas Australia dengan skor 1-0 dalam Piala Asia U-23 Grup A di Stadion Abdullah Bin Nasser pada Kamis malam kemarin, 18 April 2024.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024