Ibas: Polisi Harus Maksimalkan Fungsi

Edhie Baskoro Yudhoyono
Sumber :
  • VIVAnews/ Uday Suhada

VIVAnews - Sekretaris Jenderal Partai Demokrat Edhie Baskoro Yudhoyono (Ibas) sangat prihatin, dan mengecam keras tindakan kekerasan di Kampung Pendeuy, Desa Umbulan, Kecamatan Cikeusik, Pandeglang, Banten dan aksi kekerasan massa di Temanggung. Menurutnya, tindakan main hakim sendiri tidak dibenarkan dalam bentuk alasan apapun.

“Apapun alasannya, aksi kekerasan seperti ini melanggar hukum," kata Ibas dalam pernyataan tertulis ke VIVAnews, Kamis 10 Februari 2011. "Hukum harus benar-benar ditegakkan seadil-adilnya,” ujarnya.

Pihak-pihak yang bertikai sebaiknya menahan diri dan bisa terus mempergunakan jalur hukum, sedangkan pihak lain hendaknya jangan juga memperkeruh suasana yang ada. Ia menilai peristiwa kekerasan di  Cikeusik Pandeglang Banten dan kerusuhan di Temanggung perlu diwaspadai.

Pemerintah daerah, Kepolisian, tokoh agama dan Tokoh masyarakat di seluruh wilayah Indonesia perlu terlibat secara proaktif untuk mencegah agar peristiwa ini tidak terjadi lagi.

Bumi Resources Minerals Bukukan Pendapatan US$46,63 Juta pada 2023

“Rentetan peristiwa ini adalah peringatan bagi kerukunan beragama dan harus direspon serius agar tidak menyebar ke wilayah lain. Di sinilah para pemuka agama dan tokoh masyarakat dapat membantu berperan konkrit mencegah konflik di masyarakat agar toleransi beragama terus terjaga,” ujar Ibas.

Politisi muda ini juga meminta pihak kepolisian segera mengusut tuntas motif dan pelaku insiden ini sekaligus memberikan hukuman setimpal kepada pelaku.
“Intinya kepolisian sebagai alat negara harus benar-benar menjamin kebebasan umat beragama dan rasa aman masyarakat seperti yang diamanatkan undang-undang,” ujar anggota Komisi I DPR ini.

Ketua DPRD Provinsi Jambi, Edi Purwanto di acara Musrenbang Jambi 2025

Ketua DPRD Jambi Edi Purwanto Singgung Lahan 3 Ribu Hektare di Musrembang

Ketua DPRD Provinsi Jambi, Edi Purwanto menyingung terkait dengan lahan di Sungai Penuh yang bisa dimanfaatkan menjadi lumbung ketahanan pangan. 

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024