Hari Ini, DPR Bertemu Ahmadiyah

Cuplikan video penyerangan jemaah Ahmadiyah
Sumber :
  • dok. Ahmadiyah

VIVAnews -- Tragedi Cikeusik, Minggu 6 Januari 2011 yang menewaskan tiga jemaah Ahmadiyah jadi keprihatinan banyak pihak. Temasuk para politisi di DPR.

Hari ini, Rabu 16 Februari 2011, Komisi VIII DPR akan mengundang Ahmadiyah dalam rapat dengar pendapat di gedung parlemen. Wakil Ketua Komisi VIII DPR Ahmad Zainudin mengatakan, dalam pertemuan itu Ahmadiyah diminta memaparkan permasalahan di Cikeusik menurut versinya.

"Kita ingin dengarkan permasalahan yang menimpa mereka seperti apa versi mereka. Kita sudah dengar dari kepolisian dari menteri agama, besok ingin dengar versi mereka seperti apa," kata Zainudin, saat dihubungi VIVAnews, Selasa 15 Februari 2011.

Menurutnya, pertemuan DPR dan Ahmadiyah juga untuk menggali masalah krusial seperti diatur dalam SKB Tiga Menteri. "Artinya kita evaluasi Tiga Menteri, apa responnya, sikap mereka (Ahmadiyah)."

Selain itu, DPR juga akan mencari masukan untuk mempercepat penyusunan RUU Kerukunan Beragama.

Menurut Zainudin, RUU Kerukunan Beragama itu masih menjadi pembahasan di Komisi VIII yang membidangi agama. Insiden di Cikeusik dan Temanggung menjadi pemicu untuk mempercepat pembahasan RUU tersebut. "Karenanya kita akan mempercepat," kata dia.

Sementara, Ketua Komisi VIII Abdul Kadir Karding mengatakan, undangan pada Ahmadiyah punya arti penting. Untuk mencari solusi hubungan antara Ahmadiyah dan masyarakat yang selama ini menantang keberadaanya.

"Kita ingin tahu persepsi mereka seperti apa, dan menyampaikan persepsi masyarakat terhadap Ahmadiyah seperti apa," kata Karding kepada VIVAnews, Selasa 15 Februari 2011.

Karding menuturkan, sebenarnya hubungan antara Ahmadiyah dan umat Islam sudah ada rambu-rambunya dalam SKB 3 Menteri. Tetapi, implementasi isi kesepakatan itu seringkali kurang tepat.  "Kira-kira yang terbaik untuk solusi ke depan apa. Saya kira secara garis besar, intinya ingin bangun dialog, bicara hati ke hati agar saling memahami apa yang jadi solusi," ujarnya.

Menurut politikus PKB itu, Komisi VIII telah menerjunkan tim ke Cikeusik untuk mengetahui permasalahan di lapangan. Menurutnya, temuan yang mereka dapat akan jadi bahan dialog dengan Ahmadiyah. "Besoknya lagi kita undang tokoh-tokoh masyarakat seperti MUI," kata Karding.

Hasil Pertandingan Persik Kediri Vs PSS Sleman, 8 Gol dan 1 Kartu Merah
Wakil Menteri Rertahanan dan pihak militer Rusia Timur Ivanov ditangkap atas kas

Di Tengah Pertempuran Rusia-Ukraina, Wakil Menteri Pertahanan Rusia Ditangkap Karena Terima Suap

Wakil Menteri Pertahanan dan pihak militer Rusia Timur Ivanov telah ditangkap karena dicurigai menerima suap, kata pejabat investigasi negara. Penahanan tingkat tinggi in

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024