Setgab: Hak Angket Mafia PajakTerlalu Dini

Sidang Paripurna DPR
Sumber :
  • Vivanews/Nurcholis Anhari Lubis

VIVAnews -- Sekretariat Gabungan Koalisi Pemerintahan yang dipimpin Demokrat menggelar rapat terkait dua usulan Hak Angket Perpajakan yang resmi dibacakan di rapat paripurna Dewan Perwakilan Rakyat hari ini.

Sekretaris Setgab, Syarif Hasan mengatakan, Setgab menilai  hak angket yang diajukan masih terlalu dini. "Secara substansi masih ada yang (harus) dilampaui," kata dia di Kantor Setgab, Rabu 16 Februari 2011. "Apalagi, di Komisi III sedang dilakukan panja pajak. Kita beri kesempatan kepada panja pajak untuk bekerja."

Menurut Syarif, seharusnya Komisi III menyelesaikan pekerjaannya lalu disandingkan dengan hasil Panja Komisi XI. "Kalau ternyata ada bukti kebijakan pemerintah keluar dari aturan,  baru melangkah ke hak angket," imbuhnya.

Selain itu, menurut Syarif Hasan, kasus mafia pajak saat ini sudah ditangani aparat hukum. "Bagaimana ke depan kita lihat perkembangannya," kata Syarif.

Dia menegaskan, sikap Setgap ini adalah sikap bersama seluruh anggota koalisi. "Sekalipun ada dinamika yang terjadi," ujarnya

Jika ada yang berbeda sikap, seperti Golkar dan PKS, Syarif mengatakan, Setgab merupakan forum komunikasi bukan
forum institusi resmi. "Menyangkut  reward and punishment ada
penilaian. Kita kembalikan pada ketua Setgab," kata dia.

Meski Setgab telah mengeluarkan sikap, Partai Golkar bersikukuh akan mengajukan Hak Anget Pajak. "Tidak cukup dengan panja," kata Sekjen Golkar, Idrus Marham, di Kantor Setgab, Rabu 16 Februari 2010

Namun Idrus membantah berbeda visi dengan Setgab. "Sebetulnya visinya sama caranya beda," kata dia. Menurut Idrus, Partai Golkar ingin semua partai membongkar mafia perpajakan yang ada. "Cara kita adalah dengan melalui hak angket ini bisa menjadi lebih baik," katanya

Terlebih lagi, lanjut Idrus, pajak merupakan sektor pendapat negara
terbesar."Informasi kebocoran-kebocoran itu juga banyak. Oleh
karena itu, harung diungkap tuntas," kata dia

Sementara, Partai Keadilan Sejahtera tetap berkomitmen akan mengajukan hak angket. "Tetap satu, hak angket, titik," kata politisi PKS, Abu Bakar, yang hadir dalam pertemuan.

100 Ribu Pendukung Prabowo-Gibran Diklaim Bakal Aksi di MK Besok, Polri Lakukan Ini
Kejadian Kebakaran cukup besar melanda sebuah toko bingkai Saudara Frame dan Galeri di Jalan Mampang Prapatan Raya, Mampang, Jakarta Selatan pada Kamis 18 April 2024 malam.

Kebakaran Toko Bingkai Mampang, 5 Orang Terluka Dilarikan ke RS

Kejadian kebakaran cukup besar melanda sebuah toko bingkai Saudara Frame dan Galeri di Jalan Mampang Prapatan Raya, Mampang, Jakarta Selatan pada Kamis, 18 April 2024 mal

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024