Burhan-LSI: Tiga Manuver Gerindra Terencana

Prabowo Subianto (Gerindra) dan Bursah Zarnubi (PBR)
Sumber :
  • Antara/ Yudhi Mahatma

VIVAnews - Partai Gerindra kembali menjadi sorotan belakangan ini karena tiga hal. Pertama, karena Partai Bintang Reformasi (PBR) bergabung dengan partai binaan Prabowo Subianto tersebut. Kedua, Wakil Ketua Umum Gerindra dan salah satu orang kepercayaan Prabowo, Muchdi PR, menyatakan akan masuk ke jajaran pimpinan Partai Persatuan Pembangunan (PPP). Ketiga, Gerindra menyatakan tak menjamin akan mendukung usul angket mafia pajak yang sedang bergulir di DPR.

Peneliti senior Lembaga Survei Indonesia (LSI) Burhanuddin Muhtadi menilai tiga manuver tersebut bukan kebetulan, melainkan telah direncanakan dengan matang oleh Gerindra. "Secara strategi politik, Prabowo dan Gerindra tampak paling sistematis mempersiapkan diri menjelang Pemilu 2014 dibanding partai lain," kata Burhan kepada VIVAnews.com, Senin, 21 Februari 2011.

Ditambahkan dia, bergabungnya PBR membuktikan Gerindra terbukti berhasil mengajak partai lain untuk merger, meskipun partai yang bergabung tergolong partai-partai kecil yang belum tentu membawa peningkatan efek elektoral secara signifikan. Namun, menurut Burhan, sedikit banyak mereka akan berpengaruh terhadap perolehan suara Gerindra.

Rencana menyeberangnya Muchdi ke PPP juga bukan tanpa tujuan. BurhanĀ  melihat itu bagian dari siasat. "Jadi, bukan berarti Gerindra pecah, tapi justru sebaliknya, Gerindra memang menanam elit-elit mereka di partai lain guna mendekatkan diri dengan berbagai partai."

Manuver ini jelas berkait erat dengan rencana pencalonan Ketua Dewan Pembina Gerindra, Prabowo Subianto, sebagai presiden pada Pemilu 2014 nanti.

Bikin 2 Gol ke Gawang Korsel, Begini Kata Rafael Struick

"Elektabilitas Prabowo memang kuat, tapi Beliau harus disokong oleh partai-partai lain. Tidak bisa hanya Gerindra yang mencalonkan Prabowo," kata Burhan.

Adapun soal penolakan Gerindra terhadap usul angket mafia pajak, di mata Burhan, "Ini nyata-nyata terbaca sebagai bentuk pendekatan Gerindra kepada Demokrat. Semacam investasi politik Gerindra kepada Demokrat dan SBY."

Anies Buka Peluang Maju Pilgub Jakarta: Saya Baru Satu Periode

Pasalnya, SBY tidak dapat mencalonkan diri lagi sebagai Presiden pada pemilu mendatang. Oleh karena itu, di mata Burhanuddin, Prabowo sedang memposisikan dirinya di hadapan berbagai partai sebagai salah satu calon presiden terkuat. (kd)

Ilustrasi beli obat bisa lewat layanan telefarmasi.

Istri Bintang Emon Positif Narkoba Gegara Obat Flu, Begini Penjelasan Ahli

Terkait kasus yang dialami oleh Alca Octaviani, ada 2 jenis obat yang telah ia konsumsi di antaranya adalah obat actifed yang mempunyai kandungan pseudoephedrine.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024