PAN: Ada Tanggung Jawab Berkoalisi

Hatta Rajasa
Sumber :
  • Abror Rizky/Biro Pers Istana

VIVAnews - Ketua PAN Hatta Rajasa mengatakan presiden yang menentukan ada atau tidaknya format ulang koalisi. Namun demikan, Hatta menilai esensi koalisi harus disamakan.

"Jangan hanya perdebatan di media. Kan kita lihat ada sesuatu yang perlu diluruskan," kata dia di Jakarta, Jumat 4 Maret 2011.

Meski koalisi tidak dikenal dalam sistem presidensial, tapi Hatta menilai kebersamaan di legislatif dan eksekutif adalah keniscayaan dalam sistem presidensil multipartai. "Artinya, bagi PAN, ada responsibility. Tanggung jawab dalam pemerintahan yang prorakyat," ujarnya.

Hatta setuju, mitra koalisi bisa saja kritis bahkan semua partai memang harus kritis. "Tapi ada persoalan yang prinsip," katanya.

Sebelumnya, koalisi goyang usai Hak Angket Mafia Perpajakan di mana dua partai koalisi melawan arus dengan mendukung hak angket ini, yaitu Golkar dan PKS. Hatta menilai masalah mafia pajak memang harus dibongkar. "Tapi, melalui hukum bukan politik. Kan sudah ada panja."

Thailand Prime Minister Welcomes Albino Buffalo to Government House

Isu koalisi ini pun mulai menyenggol dua partai yang selama ini dikenal berseberangan dengan penguasa, PDI Perjuangan dan Gerindra. Muncul isu, kedua partai ini akan diajak bergabung dalam koalisi. (umi)

Ilustrasi sepeda motor Vespa

Daftar Harga Motor Vespa per Maret 2024

Sepeda motor Vespa memiliki sejarah panjang dan menarik. Lahir di Pontedera pada tahun 1946, Vespa didirikan oleh Enrico Piaggio. Dibuat sebagai solusi transportasi yang

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024