SBY dan Ical Akan Bertemu di Cikeas

SBY Di Puri Cikeas
Sumber :
  • VIVAnews/Nurcholis Anhari Lubis

VIVAnews - Jelang isu reshuffle atau perombakan kabinet dan evaluasi koalisi, Ketua Umum Partai Golkar Aburizal Bakrie mengumpulkan tiga menteri Golkar kemarin. Hari ini, giliran Aburizal mengumpulkan ketua-ketua Golkar tingkat provinsi (DPD I). Apa yang sedang dilakukan Golkar?

"Pak Ical (Aburizal) sangat memperhatikan berbagai masukan-masukan dari para menteri, DPD I, dan juga dari internal DPP (Dewan Pimpinan Pusat). Masukan-masukan itulah yang berguna juga untuk bahan Pak Ical bertemu SBY," kata Ketua Fraksi Golkar, Setya Novanto, dalam perbincangan dengan VIVAnews.com.

Rencananya, pertemuan dengan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono akan berlangsung dalam waktu dekat. Seperti yang disampaikan Wakil Ketua Umum Golkar yang juga Menko Kesra Agung Laksono kemarin, pertemuan SBY-Aburizal akan digelar pekan ini.

Kapan dan dimana rencana pertemuan itu digelar? "Insya Allah dalam waktu satu dua hari ini. Kami belum tahu dimana. Tapi biasanya, Pak Ical bertemu SBY di Cikeas," ujar Novanto yang juga Bendahara Umum DPP Golkar ini.

Dalam pertemuan dengan ketiga menteri Golkar kemarin, kata Setya Novanto, Ical meminta agar para menteri bekerja dengan profesional. Jangan sampai kinerja terganggu karena adanya isu reshuffle dan koalisi.

"Untuk reshuffle biarkan itu menjadi kewenangan Presiden. Untuk koalisi, itu penuh diserahkan kepada Pak Ical yang akan bertemu SBY," ujar Novanto.

Sementara, menurut Wakil Sekjen Golkar Lalu Mara Satriawangsa, semua Ketua DPD I Golkar dari tiap provinsi wajib hadir dalam acara pagi ini. "Tidak boleh diwakilkan. Semua ketua dari masing-masing provinsi wajib datang," kata Lalu Mara kepada VIVAnews.com, semalam.

Seperti diketahui, pasca-kandasnya Hak Angket Mafia Pajak, isu perombakan kabinet dan evaluasi koalisi terus mengemuka. Demokrat, PPP, PKB, dan PAN memiliki suara yang sama menolak Hak Angket Mafia Pajak. Sedangkan mitra koalisi lainnya, Golkar dan PKS, berbeda pendapat.

SBY bahkan menyebut ada satu-dua partai koalisi yang melanggar kesepakatan koalisi. Tetapi, Golkar dan PKS membantah melanggar 11 butir kesepakatan koalisi yang normatif itu.

Menurut Lalu Mara, seperti yang disampaikan Ical, perbedaan dalam segala hal itu adalah biasa. Bagi Golkar, pasca-voting Hak Angket tidak mengurangi daya kritis Golkar.

"Bahwa segala perbedaan itu harus dikelola dengan baik untuk kepentingan rakyat. Perbedaan tidak hanya ada di koalisi, di Golkar sendiri juga ada," jelas Lalu Mara.  (umi)

Top Trending: Hal yang Terjadi Jika Indonesia Tak Dijajah hingga Tawuran Brutal Antar Pelajar
Pelita Jaya memastikan tiket ke putaran final BCL Asia 2024

Perbasi Apresiasi Sukses Pelita Jaya Tembus Babak Utama BCL Asia

PP Perbasi mengapresiasi tim Pelita Jaya Bakrie Jakarta yang berhasil lolos ke babak utama Basketball Champions League (BCL) Asia 2024.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024