Pimpinan DPR Bahas PAW Gus Choi & Lily Wahid

Effendy Choirie, Lily Wahid dan Priyo Budi Santoso
Sumber :
  • Antara/ Andika Wahyu

VIVAnews - Wakil Ketua DPR Pramono Anung mengatakan pimpinan dewan telah menerima surat dari Partai Kebangkitan Bangsa. Surat itu menerangkan bahwa Effendy Choirie dan Lily Chadijah Wahid telah diberhentikan dari keanggotaan partai. Konsekuensinya, keduanya diberhentikan juga dari anggota  DPR.

"Memang benar surat pengantar yang berisi menanyakan siapa pengganti Lily dan Gus Choi sudah disampaikan kepada KPU," kata Pram saat menerima Gus Choi dan Lily Wahid di ruang kerjanya, Selasa 15 Maret 2011.

Menurut Pram, surat tersebut berdasarkan keputusan Penggantian Antar Waktu (PAW) DPP PKB pada 7 Maret 2011 yang diteken Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar. Surat itu dilampiri surat DPP PKB tanggal 5 Maret 2011 tentang pemberhentian Lily dan Gus Choi sebagai anggota PKB.

Pram mengungkapkan, surat tersebut sudah ditindaklanjuti Ketua DPR Marzuki Alie dengan membuat surat pengantar dan mengirim kepada KPU. Namun, kata Pram, hal itu dilakukan tanpa sepengetahuan pimpinan DPR lain karena menganggap sebagai proses PAW biasa.

"Tapi pimpinan DPR lainnya sudah mengingatkan agar Marzuki menyampaikan ke pimpinan lain untuk PAW yang bermuatan politis," katanya. "Nanti dalam rapat pimpinan siang nanti saya minta dibahas."

Senada, Wakil Ketua DPR Priyo Budi Santoso mengaku kaget Gus Choi dan Lily Wahid di-recall serta dipecat dari PKB. Dia menyesalkan surat sudah diteruskan ke KPU tanpa rapat pimpinan terlebih dahulu.

"Surat PKB ini punya implikasi politis yang kuat, bukan PAW biasa. Nanti rapim bahas ini," katanya. "Tapi surat sudah terlanjur dikirim ke KPU oleh Pak Marzuki."

Priyo menduga, Marzuki menilai itu sebagai PAW biasa, sehingga tidak perlu rapim. "Padahal, surat berimplikasi luas harus dirapimkan," katanya. (umi)

8 Terduga Teroris Jaringan JI Ditangkap, Polisi Ungkap Ada yang Berperan Jadi Bendahara
Ketum PSS Erick Thohir bersama Emil Audero Mulyadi

Blak-blakan, Ketum PSSI Erick Thohir Ungkap Pembicaraan dengan Emil Audero

Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, blak-blakan soal pertemuan dengan kiper Inter Milan, Emil Audero. Akankah Emil akan jadi pemain naturalisasi Timnas Indonesia terbaru.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024