Lily Wahid-Gus Choi Resmi Gugat PKB

Effendy Choirie, Lily Wahid dan Priyo Budi Santoso
Sumber :
  • Antara/ Andika Wahyu

VIVAnews - Anggota DPR dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Lily Wahid dan Effendy Choirie, sudah mendaftarkan secara resmiĀ  gugatan atas pemecatan mereka di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat. Keduanya menggugat secara perdata Dewan Pimpinan Pusat PKB karena telah me-recall mereka.

"Yang digugat DPP PKB karena diduga telah melakukan pelanggaran terhadap Undang-Undang Partai Politik," ujar Lily saat dihubungi wartawan, Rabu 16 Maret 2011.

Lily mendaftarkan gugatan tersebut bersama Effendie Choirie ke Pengadilan Jakarta Pusat pagi tadi. Lewat gugatan itu Lily berharap dapat menjadi pertimbangan pimpinan DPR untuk menunda pencabutan status mereka sebagai anggota dewan.

"Kami nanti akan mendaftarkan nomor registrasi gugatan ke KPU. Kemudian ke pimpinan DPR dapat menunda pergantian antar waktu sampai mendapatkan kekuatan hukum tetap," ujarnya.

Keduanya sudah bertemu pimpinan DPR. Keduanya merasa pemecatan dari anggota PKB dan DPR seperti dipaksakan. "Pemberhentian ini menyalahi ketentuan Undang-Undang yang berlaku," kata Effendi Choirie Selasa kemarin.

Menurut politisi yang akrab disapa Gus Choi ini, dirinya tidak pernah dipanggil dan diminta klarifikasi oleh Majelis Takhim PKB. Karena, lanjutnya, dalam aturan partai, setiap kali pemberhentian kadernya itu melalui Mahkamah Partai.

Gus Choi mengaku pernah mendapat surat teguran dari DPP PKB. Surat Peringatan (SP) 1 dan SP2. Tetapi, kata dia, alasan pemberian surat teguran itu tidak jelas. Lalu, lanjut Gus Choi, dia mengirim jawaban kepada DPP PKB atas dua surat teguran itu.

Pemecatan kedua tokoh senior PKB ini berkaitan dengan peran mereka mendukung usulan Hak Angket Mafia Perpajakan yang ditolak fraksinya. Meski usulan itu kandas, kedua orang ini kemudian diproses diberi sanksi oleh PKB.

Terpopuler: Hal yang Dilakukan Suami Jika Istri Hyperseks sampai Bahaya Pijat Perbesar Penis
Pemain Timnas Indonesia U-23 rayakan gol

Komentar Erick Thohir Usai Timnas Indonesia Tembus Semifinal Piala Asia U-23

Catatan sejarah ditorehkan Timnas Indonesia U-23. Armada Shin Tae yong memastikan tiket ke semifinal Piala Asia U 23 2024 usai menyingkirkan Timnas Korea Selatan.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024