Puan: PDIP Tak Setuju Capres Independen

Puan Maharani
Sumber :
  • Puan-Maharani.com

VIVAnews - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan tak mendukung usul untuk mengakomodasi calon presiden independen. Ketua Bidang Politik Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, Puan Maharani, menyatakan belum saatnya Indonesia membuka jalur pencalonan itu.

"Kami merasa belum diperlukan hal itu untuk bisa dilakukan," kata Puan dalam jumpa pers di DPP PDIP, Jakarta, Senin, 28 Maret 2011.

Puan malah mempertanyakan dasar gagasan tersebut. "Kalau hal itu terjadi kemudian apa fungsi dari parpol yang sesungguhnya? Apakah parpol hanya dijadikan batu loncatan saja untuk orang-orang yang kemudian maju? Dan bagaimana kami mengikat mereka, jika mereka kemudian bisa menjadi salah satu pimpinan nasional?" Puan mempertanyakan.

Puan melihat calon presiden dari jalur perseorangan apabila menang pemilu tetap tidak akan dapat bisa bekerja maksimal, karena akan kesulitan mencari dukungan yang solid di parlemen atas kebijakan-kebijakan pemerintahannya. Menurut Puan, lebih baik jika fungsi dan peran parpol diperkuat untuk dapat memajukan perpolitikan di Indonesia.

"Lebih baik kita memaksimalkan fungsi partai politik yang ada daripada kita membuat suatu undang-undang yang belum jelas bagaimana masa depannya," kata Puan. "Fungsi partai politik itu yang harus dimaksimalkan untuk berjalannya demokrasi ke depan." (kd)

BTN Cetak Laba Bersih Rp 860 Miliar di Kuartal I-2024, Penyaluran Kredit Tembus Rp 344,2 Triliun
VIVA Militer: Satu orang DPO pemberontak OPM menyerahkan diri ke prajurit TNI AD

Samson, Pemberontak OPM Penyerang Markas Koramil di Papua Tobat dan Serahkan Diri ke Prajurit TNI AD

Samson Same menyatakan siap kembali ke pangkuan NKRI

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024