Boediono: Jangan Saling Cari Kesalahan

Boediono berdialog dengan warga Tajurhalang, Cijeruk, Bogor
Sumber :
  • Antara/ Jafkhairi

VIVAnews - Kerukunan masyarakat merupakan hal sangat penting dan mutlak untuk dijaga bersama agar bangsa Indonesia menjadi bangsa yang aman dan nyaman. Hal ini diungkapkan Wakil Presiden Boediono saat memberikan pengarahan pada rapat koordinasi Gubernur se-Belajasumba (Bengkulu, Lampung, Jambi, Sumsel,  Bangka Belitung di Hotel Abadi Suite, Jambi.

Boediono meminta kepada semua pihak terutama pemerintah daerah untuk memberikan perhatian khusus pada masalah di daerahnya masing-masing yang berpotensi merusak kerukunan antar masyarakat.

"Saya yakin masing-masing gubernur, bupati, walikota, prioritas yang sangat tinggi di pikiran beliau-beliau ini masalah menjaga kerukunan, ketenangan masyarakat," kata Boediono, Jambi, Jumat 1 Maret 2011.

Boediono menyadari, permasalahan yang berada di daerah-daerah berbeda dan banyak yang perlu diselesaikan. Namun, persoalan kerukunan harus menjadi prioritas.

"Masalah selalu ada, tinggal kita menggunakan energi kita bagaimana sebaik-baiknya. Jangan kita sibuk dengan diri kita sendiri, satu sama lain mencari-cari kesalahan. Saya kira bukan rasa syukur kepada Tuhan kalau kita diberi kesempatan seperti sekarang lalu kita menggunakan waktu itu hanya untuk menyibukkan diri sendiri. Kerukunan masyarakat, sangat penting dan mutlak untuk dijaga bersama," tuturnya.

Kata Boediono, sekecil apapun potensi yang dapat merusak kerukunan jangan dibiarkan. Jika dibiarkan, akan menjadi masalah besar. "Sehingga menjadi bola besar yang tidak bisa kita kendalikan. Itu terjadi di negara-negara lain," katanya.

Namun dia yakin, dengan nilai-nilai yang sudah melekat pada bangsa Indonesia, kerukunan antar masyarakat dapat terus dijaga. "Insya Allah di negara kita, dengan kearifan kita, dengan keteguhan kita untuk menjaga ketenangan, keamanan, kedamaian, bangsa ini bisa kita laksanakan dengan sebaik-baiknya," ucapnya.

Eks Sespri Sekjen Ungkap BAP KPK Bocor ke Pejabat Kementan
Pemkot Tangsel rapikan kabel fiber optik yang semrawut

Rapikan Kabel Fiber Optik Semrawut di Tangsel, Ini 5 Titik yang jadi Sorotan Pemkot

Wakil Wali Kota Tangsel Pilar Saga Ichsan turun tangan langsung dalam melakukan imbauan dan penindakan semrawutnya kabel fiber optik.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024