Revisi Kontrak Koalisi Juga Bahas Reshuffle

Lukman Hakim Saifudin
Sumber :
  • www.dpr.go.id

VIVAnews - Rancangan revisi kontrak koalisi ternyata mengatur soal reshuffle kabinet. Anggota koalisi memiliki hak menyampaikan pandangan atau usulan terkait upaya perombakan kabinet yang dilakukan Presiden.

"Partai-partai akan diminta pendapatnya, sebelum melakukan perubahan-perubahan itu," kata Lukman Hakim Saifuddin, Ketua Partai Persatuan Pembangunan, dalam jumpa pers di Jakarta, Kamis 14 April 2011. "Artinya Presiden memposisikan anggota koalisi dalam posisi yang terhormat karena pada prinsipnya itu hak prerogatif Presiden, tapi Presiden terlebih dulu mendengar pendapat masing-masing partai mengenai perubahan," kata Lukman.

Menurut Lukman, klausul baru ini menunjukkan kebesaran jiwa Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. PPP juga melihat, SBY ingin melihatkan kebersamaan dengan partai-partai pendukungnya.

"Meski pun itu merupakan hak prerogatifnya, tapi ketika beliau akan mengeksekusi apakah itu mengubah, menambah atau mengurangi jumlah menteri, terlebih dulu mendengar usulan, pandangan dari partai politik," kata Lukman. "Jadi, ini prinsip asas musyawarah yang ingin diterapkan Pak SBY bersama mitra koalisi."

Dan Lukman pun tidak melihat ini upaya SBY mencegah mitra koalisi berdinamika. Pun ini bukan pertanda Pemerintahan SBY yang lemah.

"Tanpa konsultasi pun sebenarnya itu sudah kuat. Saya sama sekali tidak melihat ini ketakutan SBY. Dalam presidensial, Presiden itu kuat tak bisa dijatuhkan jika sama sekali tak melanggar hukum," kata Lukman. "Itu lemah, kalau pertimbangan atau usulan partai itu bersifat mengikat. Ini kan tidak mengikat."

Draf Revisi ini sendiri sudah diparaf oleh PPP. Selanjutnya, penandatanganan akan dilakukan bersama-sama oleh keenam partai koalisi bersama Presiden SBY dan Wakil Presiden Boediono.

Saat ini tinggal Partai Keadilan Sejahtera yang belum memaraf draf ini. PKS sendiri, seperti disampaikan anggota Majelis Syuro, Tifatul Sembiring, sudah memberi catatan-catatan atas draf itu.

3 Fakta Menarik Serial The Perfect Strangers, Maxime Bouttier dan Beby Tsabina Gemas Banget!
TImnas Indonesia U-23

Pemain Korea Selatan Puji Timnas Indonesia U-23

Timnas Indonesia U-23 dan Korea Selatan akan berhadapan di babak perempat final Piala Asia U-23 2024. Jelang laga itu, pemain Korea Selatan memberikan pujian.

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024