PAN Tak Perlu Kecil Hati Ditinggal Dede Yusuf

Wakil Gubernur Jawa Barat Dede Yusuf
Sumber :
  • Humas Pemprov Jabar/ Alif Nur Anhar

VIVAnews - Direktur Pusat Analisis dan Riset Rakyat (Parra) Indonesia, Rusli Halim, meminta kepada Partai Amanat Nasional (PAN) untuk tidak berkecil hati dengan perpindahan Dede Yusuf ke Partai Demokrat.

"Meski Dede sering disebut sebagai aset yang baik, tapi PAN tidak akan rugi. PAN justru akan meraih simpati dari masyarakat karena dianggap sebagai pihak yang dikorbankan," kata Rusli di Jakarta, Kamis 14 April 2011.

Dalam persoalan ini, yang akan rugi adalah Dede Yusuf. Kepindahannya itu bisa membuat dia dianggap sebagai pribadi ambisius dan tidak mengenal terima kasih.

Perpindahan Dede hanya karena ingin dicalonkan menjadi Gubernur Jawa Barat pada 2013. Padahal, PAN sudah mengantarkannya sebagai Wagub Jawa Barat.

"Saya kira, Demokrat juga tidak akan begitu saja memberikan tiket calon gubernur kepadanya. Dede Yusuf telah membuat rugi dirinya sendiri," tukasnya.

Kepindahan ini, lanjut Rusli, akan membuat masyarakat berpikir kritis pada sosok Dede. "Masyarakat akan berpikir, terhadap partai yang sudah membesarkan dirinya saja berani meninggalkan," imbuhnya.

Rusli melanjutkan, psikologi masyarakat sunda tidak begitu suka pada sosok yang ambisius. "Kenapa dulu pasangan Hade (Heryawan-Dede) bisa menang, itu tidak semata-mata karena popularitas dan mesin politik. Mereka bisa menang karena pilihan emosional masyarakat yang saat itu melihat sosok Heryawan-Dede adalah sosok sederhana, tidak ambisius," ujarnya.

Kalau bisa mencari sosok pengganti Dede yang dinilai masyarakat sederhana dan bersahaja, PAN akan lebih berhasil tanpa Dede Yusuf di pilkada Jawa Barat. (art)

Pilkada Serentak 2024 Diusulkan Ditunda, Ini Sejumlah Pertimbangannya
Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Ade Ary Syam Indradi

Instruksi Irjen Karyoto ke Jajarannya Pastikan Rangkaian Perayaan Paskah Kondusif

Polda Metro Jaya menegaskan bakal memberikan pengamanan pada seluruh gereja yang ada di wilayah Jadetabek saat Tri Hari Suci Paskah yang dimulai hari ini.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024