Pimpinan DPR Pertanyakan Konsistensi Arifinto

Arifinto (PKS)
Sumber :
  • VIVAnews/ Suryanta Bakti

VIVAnews - Meski sudah menyatakan mundur, Arifinto ternyata masih aktif sebagai anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR). Hal itu memunculkan kritik banyak pihak.

Kwarnas Curigai Upaya Terselubung di Balik Penghapusan Ekstrakurikuler Wajib Pramuka di Sekolah

Wakil Ketua DPR RI, Priyo Budi Santoso, menilai ulah Arifinto akan membuat publik mempertanyakan konsistensi dari pilihan yang diambil politisi asal Partai Keadilan Sejahtera (PKS) tersebut.

"Saya sendiri agak kaget, mudah-mudahan yang bersangkutan di DPR ingin menuntaskan tugasnya," kata Priyo di Gedung DPR, Jakarta, Selasa 19 April 2011.

Priyo mengakui sempat simpatik dengan langkah Arifinto yang mundur sebagai anggota DPR. Hal itu dianggapnya mampu meminimalkan potensi minor yang berkepanjangan.

Namun, jika Arifinto batal mengundurkan diri dari DPR, politisi yang tertangkap kamera sedang membuka situs dewasa ini akan menghadapi hujatan publik. Menurut dia, Arifinto bakal dinilai dari konsistensinya dalam memutuskan.

Inkonsistensi Arinfinto dikhawatirkan akan berimbas pada partai yang menaunginya.

Ketua DPR Marzuki Alie mengatakan pimpinan DPR belum bisa melakukan proses pergantian anggota antarwaktu Arifinto karena belum menerima surat dari Fraksi PKS. Pimpinan DPP tidak bisa melakukan apa-apa sebelum fraksi dan DPP PKS mengajukan surat pergantian anggota antarwaktu kepada pimpinan dewan.

"Kalau surat itu diajukan ke pimpinan Dewan, kami akan teruskan ke Komisi Pemilihan Umum dan Presiden. Sejauh ini, baru ada pernyataan lisan dari yang bersangkutan untuk mengundurkan diri, namun belum ada surat apa pun terkait hal itu kepada pimpinan Dewan," kata Marzuki.

Pimpinan DPR, dia melanjutkan, akan menunggu surat dari Fraksi PKS hingga selesainya masa reses nanti. "Bisa saja aduan terhadap pelanggaran etika dilakukan oleh pimpinan DPR. Namun, itu harus menunggu reses ini berakhir dulu dan baru bisa dilakukan pada masa sidang berikutnya," kata Marzuki.

Seperti diketahui, politikus PKS Arifinto belum mengajukan surat permohonan berhenti sebagai anggota DPR. Arifinto menyatakan, minta waktu menemui konstituen di daerah pemilihan dulu sebelum resmi mundur. (art)

Ketua DPRD Jambi Edi Purwanto Singgung Lahan 3 Ribu Hektare di Musrembang
Habib Aboe Bakar Al HAbsyi di DPP PKB bersama elite PKS dan PKB

PKS Bakal Gelar Halal Bihalal Sabtu, Prabowo-Gibran dan Semua Parpol Diundang

PKS akan menggelar acara halal bihalal pada Sabtu, lusa, di kantor DPP PKS. Semua paslon capres cawapres diundang, termasuk parpol

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024