Partai Nasdem Ikut Verifikasi Peserta Pemilu

Nasional Demokrat
Sumber :
  • VIVAnews/Nurcholis Anhari Lubis

VIVAnews - Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia sudah menerima pendaftaran tiga partai untuk ikut verifikasi partai peserta Pemilu 2014. Mereka adalah Partai Nasional Demokrat, Partai Persatuan Nasional dan Partai Nasional Republik.

"Partai Nasional Demokrat sudah mendaftar, walau belum memenuhi persyaratan," kata Direktur Tata Negara Kementerian Hukum dan HAM, Asyarie Syihabuddin, saat dihubungi VIVAnews, Senin 25 April 2011.

Namun Asyarie menyatakan, tidak tahu apakah Nasional Demokrat ini sama dengan organisasi massa Nasional Demokrat yang dipimpin Surya Paloh. "Kalau nama Pak Surya Paloh, tak ada di berkas partai ini," katanya.

Meski baru tiga partai mendaftar, Asyarie menyatakan, sudah banyak partai yang berkonsultasi mengenai proses verifikasi ini. Rata-rata partai lama yang memilih jalan ini. Dan Kementerian, sesuai Undang-undang Partai Politik, membuka pendaftaran sampai Juli nanti.

Sebelumnya, Ketua Umum Nasional Demokrat Surya Paloh mengakui, "Ada beberapa eksponen, para tokoh yang ada di Nasdem ini mempersiapkan, barang kali lahirnya partai politik. Itu dapat dibenarkan," kata Surya Paloh usai menerima para tokoh yang tergabung dalam Dewan Penyelamat Negara di Kantor Nasdem, Jakarta, Selasa 5 April lalu.

Namun, tambah dia, yang paling penting bukanlah perubahan Nasdem menjadi partai politik. Melainkan keberlangsungan Nasdem sebagai sebuah organisasi. "Itu kan terus berwacana, yang penting ormas ini jalan terus," kata Surya Paloh yang juga bos Media Grup ini.

Menhub akan Usulkan ke Jokowi: Pekerja WFH untuk Cegah Kepadatan Arus Balik Lebaran
Bangkai mobil yang kecelakaan di Km 58 Tol Cikampek

6 Fakta Mengerikan di Balik Gran Max Maut yang Tewaskan 12 Penumpangnya di Km 58

Daihatsu Gran Max menjadi sorotan dalam kecelakaan maut di Km 58 tol Cikampek-Jakarta, Senin 8 April 2024. Ada beberapa fakta dari mini bus tersebut yang baru terungkap.

img_title
VIVA.co.id
12 April 2024