Eks Menteri: Aktivis NII Masuk Partai Politik

Imam Supriyanto, Mantan Menteri Peningkatan Produksi NII
Sumber :
  • VIVAnews/Nurcholis Anhari Lubis

VIVAnews - Mantan Menteri Peningkatan Produksi Negara Islam Indonesia Komandemen Wilayah 9 (NII KW9), Imam Supriyanto, tidak membantah misi gerakan NII sangat bersinggungan dengan dunia politik. Bahkan, dua partai besar sudah bersinggungan langsung dengan NII.

"Dengan era kebebasan seperti saat ini, misi juga sudah masuk ke partai politik. Kalau komitmen belum ada," kata Imam Supriyanto usai bertemu Wakil Ketua DPR Priyo Budi Santoso di gedung DPR, Jakarta, Senin 2 Mei 2011.

Imam menjelaskan, persinggungan NII KW9 dengan dunia politik itu terlihat dari adanya kader partai yang juga anggota NII. "Tapi memang ada kecolongan, anak buah AS Panji Gumilang (pendiri Ponpes Al Zaytun), adalah anggota DPRD Indramayu," kata Imam.

Menurut pria yang menjabat menteri sejak 1997 sampai 2003 ini, zaman dulu persinggungan antara NII dengan dunia politik memang belum kentara. Tetapi saat ini mulai muncuk pe permukaan.

"Terakhir, Anas Urbaningrum (Ketua Umum Demokrat) dengan rombongan pengurus inti dan fraksi-fraksi ke Al Zaytun. Termasuk Pak Ibas (Sekjen Demokrat Edhie Baskoro Yudhoyono)," ujar pria aktif di NII sejak 1987 sampai 2007 ini.

Tetapi, Imam sedikit meluruskan bahwa kunjungan rombongan Anas Urbaningrum ke pesantren yang disebut-sebut sebagai pusat NII itu hanya sekadar 'Safari Pesantren.' "Mungkin beliau (Anas Urbaningrum) merasa kagum dengan berdirinya pesantren. Komitmen belum ada," jelas pria yang mendapat gaji Rp2,7 juta saat menjabat menteri di NII.

Sementara, Priyo Budi Santoso sudah menerima laporan Imam Supriyanto atas dugaan-dugaan yang disampaikannya itu. Termasuk laporan dugaan Pondok Pesantren Al Zaytun sebagai markas besar NII KW9.

"Disampaikan kepada saya bahwa benar merekrut kalangan anggota dari mahasisewa, pelajar, birokrasi, artis bahkan partai politik. Diantaranya Golkar, Demokrat dan lain-lain," kata Priyo usai pertemuan itu.

Berburu Cuan Lewat Gajian
Ilustrasi di kantor polisi.

Adik Via Vallen Dilaporkan ke Polisi terkait Dugaan Penggelapan Sepeda Motor

Kepolisian menurunkan tim untuk menjaga rumah Via Vallen saat penggerudukan berlangsung.

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024