Demokrat Minta Soal NII Dituntaskan

Jafar Hafsah (Politikus Demokrat)
Sumber :
  • Antara/ Andika Wahyu

VIVAnews - Fraksi-fraksi Dewan Perwakilan Rakyat mendorong pemerintah segera menuntaskan dugaan keterkaitan Pesantren Al Zaytun dan Negara Islam Indonesia (NII). Aparat kepolisian didorong segera menuntaskan penyelidikan seputar kasus tersebut.

Ketua Fraksi Demokrat Jafar Hafsah mengatakan, pihaknya sudah menyampaikan keĀ  pemerintah agar segera menuntaskan hal tersebut. "Kami sudah sampaikan, pemerintah, pelajari seksama. Apakah itu organisasi, bawah tanah atau organisasi tanpa bentuk, pemerintah harus memberi penjelasan untuk itu," katanya di DPR, Kamis 5 Mei 2011.

Ketua Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa Marwan Ja'far mengatakan NII merupakan bagian sejarah panjang republik. "Panjang kalau dibicarakan. Sebagai partai, bicara kebijakan," katanya.

Menurut Marwan, aparat aparat harus lebih keras lagi mengusut dan menuntaskan. "Al Zaytun sudah lama, Kementerian Agama dan Majelis Ulama Indonesia bilang ini ajaran sesat kok. Penilaian seperti itu tidak mudah," katanya.

Marwan menilai, rata-rata yang direkrut NII ini tidak punya dasar keagamaan kuat. "Biasanya sekolah umum yang baru ber-Islam ria. Kalau pesantren nggaklah. Kalaupun ada, coba-coba," ujarnya.

Menurutnya, NII jelas makar. "Polisi perlu segera menangkap Panji Gumilang untuk menuntaskan masalah ini." Panji Gumilang yang dimaksud adalah pemimpin Pondok Pesantren Al Zaytun yang dituduh memimpin NII meski yang bersangkutan menyatakan NII itu tinggal sejarah.

Senada, Wakil Ketua DPR Priyo Budi Santoso mengatakan tugas aparat memastikan apakah Al Zaytun terkait NII atau tidak. "Tugas aparat negara memastikan, memberi rasa aman, Al Zaytun itu bagaimana," ujarnya.

PDIP Terbuka untuk Siapa Saja yang Mau Maju Pilkada Jakarta 2024
Liverpool vs Atalanta

Prediksi Liga Europa: Atalanta vs Liverpool

Duel Atalanta vs Liverpool dalam Perempat Final Liga Europa leg kedua di Stadion Gewiss, Jumat 19 April 2024, pukul 02.00 WIB. Berikut prediksinya.

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024