Studi Spanyol Dikritik, Ini Kata Pimpinan DPR

Gedung DPR-MPR.
Sumber :
  • VIVAnews/Tri Saputro

VIVAnews - Wakil Ketua DPR Taufik Kurniawan mengatakan kunjungan kerja Komisi X ke Spanyol sesuai tugas pokok dan fungsi (tupoksi) komisi yang membidangi olahraga itu. Menurutnya, prestasi olahraga Spanyol sedang baik.

"Jadi sesuai dengan apa yang diharapkan, melihat perkembangan olahraga Spanyol yang maju pesat," kata Taufik di Gedung DPR, Jumat 6 Mei 2011.

Dia menilai kunjungan itu cukup strategis karena meninjau stadion dan pusat pariwisata di sana. Setelah anggota komisi melaporkan hasil kunjungan, sambungnya, rencana pengembangan di dalam negeri pun bisa dilaksanakan dengan efektif.

Sebagai pimpinan DPR, pihaknya tetap mengingatkan bahwa seluruh proses kunjungan harus disampaikan ke publik. "Kunjungan terkait rapat internal komisi, secara tata tertib kami tidak bisa intervensi lebih jauh."

Dia pun menegaskan kesekjenan DPR pun harus terbuka dalam setiap rencana kunjungan legislator ke luar negeri. Terkait sanksi jika ada pelanggaran, "Kami hanya bisa ingatkan, hal ini harus disampaikan secara terbuka. Kami akan ingatkan terus."

Kritik dari publik, kata dia, penting untuk mengimbangi transparansi dan akuntabilitas. "Dalam kritik jangan sampai DPR disebut bodoh. Tidak boleh, ini institusi resmi. Kritik yang sekarang masih wajar. Selama konstruktif dan tidak ditunggani siapapun, kami terima kritik ini." (umi)

Fenomenal, Timnas Indonesia U-23 Lolos Semifinal Piala Asia U-23 Usai Kalahkan Korsel
Kantor Wali Nagari Singguliang Lubuak Aluan, Padang Pariaman, disegel warga

Top News: AHY Wanti-wanti Prabowo, Heboh Wali Nagari di Sumbar Digerebek Warga Mesum

Simak sejumlah artikel yang masuk deretan terpopuler dalam kanal News VIVA sepanjang Kamis, 25 April 2024. Salah satunya soal pertemuan Prabowo dengan Cak Imin.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024