Dana Studi Banding DPR Naik Rp18 Miliar

Coretan Pong Harjatmo di atap gedung DPR: Jujur, Adil, Tegas
Sumber :
  • ANTARA/Yudhi Mahatma

VIVAnews - Anggaran studi banding yang digunakan anggota DPR tahun 2010 ke 2011 mengalami kenaikan sekitar Rp18 miliar. Sedangkan untuk tahun 2012 mendatang, belum bisa dipastikan angkanya. Usulan kunjungan kerja untuk kepentingan Rancangan Undang-Undang belum final.

"Kunjungan kerja studi banding ada kenaikan. Itu memang dilakukan untuk pengawasan dan legislasi," kata Sekretaris Jenderal DPR RI, Nining Indra Saleh, Selasa 10 Mei 2011.

Menurut Nining, untuk tahun 2010 total anggaran kunjungan kerja Dewan mencapai Rp107 miliar. Dari jumlah itu terdapat dana sisa sekitar Rp50 miliar. "Sisanya yang tidak digunakan itu dikembalikan ke negara," kata Nining.

Sedangkan untuk 2011 atau tahun ini, dana kunjungan kerja DPR sesuai usulan komisi mencapai Rp125 miliar. Untuk tahun ini belum diketahui berapa sisa dana dan anggaran yang terserap untuk kepentingan kunjungan kerja.

Nining memaparkan, plafon anggaran masing-masing untuk RUU itu terdiri dari beberapa item, dari mulai untuk studi banding, anggaran akademis, sampai dengan pembahasan. "Untuk studi banding nilainya sekitar Rp1,7 miliar untuk maksimal dua negara. Silakan, komisi mau mempergunakan atau tidak," ujar Nining.

Bagaimana untuk 2012? Menurut Nining, hingga kini baru tiga usulan RUU yang akan menggunakan fasilitas studi banding. Masing-masing RUU akan menghabiskan anggaran lebih dari sekitar Rp1 miliar. "Totalnya sekitar Rp3 miliar lebih," kata Nining.

Taylor Swift Tolak Tawaran Manggung Rp 146 Miliar! Pilih Fokus ke Album Baru daripada Uang?

Kunjungan kerja DPR sedang menjadi sorotan publik. Kunjungan luar negeri ke Australia dan Spanyol mungkin adalah yang paling mendapat perhatian publik. 

Rumah Dinas Gubernur DKI

Alasan Pemprov DKI Gelontorkan Rp 22,2 M untuk Perbaiki Rumah Dinas Gubernur

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta berencana melakukan restorasi atau perbaikan rumah dinas Gubernur DKI Jakarta yang menggolontorkan anggaran sebesar Rp 22,2 M.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024