Hidayat: Peringatan HUT Israel Tak Wajar

Hidayat Nur Wahid
Sumber :
  • VIVAnews/Tri Saputro

VIVAnews – Ketua Badan Kerja Sama Antar-Parlemen Hidayat Nur Wahid merasa heran bila ada rakyat Indonesia yang merayakan kemerdekaan Israel. Ia mengatakan, umumnya peringatan kemerdekaan negara lain di Indonesia dilakukan oleh kedutaan besar atau warga dari negara yang bersangkutan.

“(Peringatan kemerdekaan) AS misalnya, dilakukan oleh warga negara AS yang ada di Indonesia. (Peringatan kemerdekaan) India juga dilakukan oleh warga negara India di Indonesia, difasilitasi kedutaan mereka,” ujar Hidayat di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Jumat 13 Mei 2011.

“Jadi menurut saya, itu sesuatu yang tidak wajar, karena bukan dilakukan oleh warga negara Israel,” kata mantan Ketua MPR itu. Terlebih, menurut Hidayat, Indonesia dan Israel tidak punya hubunngan diplomatik. Hal ini diperparah dengan status Israel yang sampai saat ini masih merupakan negara penjajah Palestina.

“Israel justru menampakkan diri sebagai negara penjajah. Mereka membombardir Gaza. Itu menunjukkan wajah Israel yang anti-damai,” tandas Hidayat. Ia mengakui kebebasan berekspresi merupakan hak dasar tiap warga negara. Tapi di sisi lain, ujar Hidayat, penjajahan terhadap banngsa lain merupakan pelanggaran hak azasi manusia yang serius.

Politisi PKS itu mencurigai adanya motif ekonomi di balik peringatan HUT Israel itu. “Mungkin cari simpati jaringan Yahudi internasional,” katanya. Ia pun berharap, pihak-pihak terkait tidak berupaya memancing di air keruh dengan memanfaatkan isu  HUT Israel ini.

Secara terpisah, Juru Bicara Presiden Julian Aldrin Pasha mengatakan, kegiatan peringatan kemerdekaan Israel akan ditindak dan ditertibkan apabila meresahkan masyarakat. Mabes Polri sendiri tak mengizinkan perayaan tersebut yang rencananya akan digelar Sabtu, 14 Mei 2011 besok. (adi)

Rumah di Bangkalan Hancur Usai Petasan Meledak, 3 Orang Jadi Korban
Manchester United

Prediksi Semifinal Piala FA: Coventry City vs Manchester United

Duel Coventry City vs Manchester United dalam Semifinal Piala FA di Stadion Wembley, Minggu 21 April 2024, pukul 21.30 WIB. Berikut prediksinya.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024