Survei: Kepuasan atas SBY di Bawah 50%

Presiden SBY & Wapres Boediono di Musrenbangnas
Sumber :
  • Biro Pers Istana Presiden/Abror Rizki

VIVAnews- Tingkat kepuasan  terhadap kinerja Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Wakil Presiden Boediono masih berada di bawah 50%. Hal ini menjadi "lampu kuning" bagi pemerintahan SBY-Boediono.

Lembaga Survey Indo Barometer mencatat secara keseluruhan tingkat kepuasan atas kinerja Presiden SBY sebesar 48,9% dan Wapres Boediono sebesar 36,1%. Dalam kurun waktu 9 bulan terakhir terhitung Agustus 2010 hingga April 2011 tenyata belum ditemukan lonjakan kepuasan atas kepemimpinan SBY-Boediono.

Indo Barometer menilai tingkat kepuasan publik atas Presiden SBY dan Wakil Presiden Boediono yang berada di bawah 50% adalah "lampu kuning" untuk perbaikan kinerja pemerintahan SBY-Boediono. Terlebih lagi meilhat trend "approval rating" atas kinerja SBY-Boediono tak kunjung meningkat sejak Agustus 2010.

Indo Barometer menyebutkan, isu-isu besar seperti ekonomi dan hukum perlu dijadikan prioritas terobosan bukan hanya perhatian semata. Lembaga  itu melakukan survei kepuasan atas kinerja presiden SBY di berbagai bidang antara lain ekonomi, politik, penegakkan hukum, keamanan dan hubungan luar negeri.

Di bidang keamanan, tingkat kepuasan publik mencapai 58,7%, hubungan luar negeri sebesar 57,9 persen, dan di politik sebesar 56,5%. Sementara dua urutan terbawah yaitu di bidang ekonomi sebesar 41,2% dan penegakkan hukum 46,7%.

Selain itu, Lembaga ini juga melakukan survei kinerja SBY dalam 5 isu antara lain korupsi, pengangguran dan lapangan pekerja, TKI di luar negeri, kemiskinan dan harga sembako. Tingkat kepuasan kinerja SBY dalam masalah korupsi sebesar 37,6%, harga sembako 28,6%, dan TKI di luar negeri sebesar 27,9%.

Untuk masalah kemiskinan dan pengangguran/lapangan kerja memiliki urutan terendah masing-masing 25,8% dan 23,2%. Tingkat kepuasan di bidang pendidikan 65,5%, kesehatan 60,9%, BBM dan gas 49,4%, dan perumahan rakyat 34,8%.

Secara keseluruhan tingkat kepuasan atas kinerja Presiden SBY sebesar 48,9% dan wapres Boediono sebesar 36,1%.

Survei lembaga Indobarometer ini dilakukan pada 25 April hingga 4 Mei 2011, di 33 provinsi di seluruh Indonesia dengan proses pengumpulan data melalui wawancara tatap muka langsung dengan menggunakan kuesioner. Survei ini melibatkan 1200 orang responden dengan margin of error sebesar kurang lebih 3,0% pada tingkat kepercayaan 95 %.

Respons Keluarga Via Vallen Soal Penggerudukan dan Dugaan Penggelapan Motor

Para responden dipilih dengan metode multistage random sampling yang mewakili seluruh populasi publik dewasa Indonesia.

Cek hipertensi atau darah tinggi.

5 Makanan yang Dianjurkan untuk Penderita Darah Tinggi, dari Buah Beri sampai Yogurt

Hipertensi, atau tekanan darah tinggi, adalah kondisi medis yang umum di mana tekanan darah dalam arteri meningkat. Untuk mengurangi masalah ini, salah satunya makanan.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024