Orde Baru Lebih Baik, Apa Kata Taufiq Kiemas

Taufik Kiemas
Sumber :
  • ANTARA/Ali Anwar

VIVAnews - Hasil survei lembaga Indo Barometer menunjukkan masyarakat menilai pemerintahan masa Orde Baru lebih baik dari saat ini. Survei bertajuk "Evaluasi 13 Tahun Reformasi dan 18 Bulan Pemerintahan SBY-Boediono" itu menunjukkan pemerintahan saat ini hanya unggul tipis dalam penegakan hukum. Selebihnya, pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono kalah jauh dari era Presiden Soeharto.

Namun, Ketua Dewan Pembina Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Taufiq Kiemas punya pendapat berbeda. Suami Megawati Soekarnoputri ini tak setuju dengan hasil itu.

Bagi ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) itu, pemerintahan di masa Reformasi lebih bagus dari masa sebelumnya.

"Saya rasa (survei) salah," kata Taufiq Kiemas usai menghadiri acara Seputar Indonesia Awards 2011 di Studio 4 RCTI, Jakarta, Selasa, 17 Mei 2011. "Kondisi Orde Baru yang lebih baik apa, nggak ada yang baik saya rasa."

Menurut dia, pemerintahan saat ini telah berhasil dalam beberapa bidang. Namun, jika ada target program yang belum tercapai, itu wajar. "Kalau pemerintahan sekarang kurang sesuai dengan target itu mungkin, tapi kondisinya pasti lebih bagus daripada dulu," kata dia.

Menurut dia, kekuarangan pemerintahan saat ini hanya berupa kekurangkompakan penyelenggara pemerintahan, sehingga masih ada program yang tidak berjalan. "Kita kurang kompak saja. Padahal, pemerintahan itu mesti kompak dan bersatu, kalaupun ada kritik, ya kritik yang kreatif dan ada jalan keluar," kata dia.

Namun demikian, Taufiq Kiemas menyatakan menghargai hasil survei itu. Menurut dia, dalam era reformasi ini, semua orang bebas berpendapat. (art)

Ternyata Buah Delima Punya Manfaat untuk Sembuhkan Kanker, Benarkah?
Vaksinasi PMK bagi hewan ternak di Kota Tangerang

2.000 Hewan Ternak Dilakukan Vaksinasi Antisipasi Wabah PMK Secara Gratis

Wabah PMK atau Penyakit Mulut dan Kuku masih menjadi momok menakutkan bagi para peternak. Adanya hal ini, Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kota Tangerang terus memasifkan pem

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024