DPR Ancam Bentuk Pansus Merpati

Serpihan pesawat Merpati MA 60 yang jatuh ke laut di Kaimana, Papua Barat.
Sumber :
  • AP Photo/Jafar Werfete

VIVAnews - DPR akan membentuk Panitia Khusus (Pansus) untuk menelusuri proses pembelian pesawat Merpati MA60. Pembentukan Pansus ini akan segera dilakukan bila menteri terkait tidak memberikan keterangan secara jelas kepada Dewan.

"Jika jawaban menteri terkait yang akan dipanggil tidak memuaskan, DPR akan bentuk pansus yang khusus untuk menelisik mengenai masalah itu," kata Wakil Ketua DPR Priyo Budi Santoso kepada VIVAnews.com saat acara The Gathering of Union Islammic World Stundents yang digelar PB HMI di gedung Universitas Club UGM, Yogyakarta, yang berlangsung selama tiga hari, sejak Selasa.

Menurut Priyo, sebagai pimpinan DPR, dirinya akan mengajak pimpinan lain membuka ruang untuk menyoroti kasus ini. Meski demikian, Priyo sendiri enggan menyebut ada penyimpangan dalam pembelian 15 unit pesawat yang satu unitnya sekitar U$12 juta.

Bagaimana dengan rencana pembentukan Pansus? "Saya sendiri berpihak dalam posisi mengusulkan," ujar politisi yang juga salah satu Ketua DPP Partai Golkar ini.

Sebelumnya, Serikat Pekerja BUMN Bersatu melaporkan dugaan korupsi pengadaan pesawat MA-60 yang saat ini digunakan Merpati Nusantara  Airlines ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

"Kami melaporkan dugaan mark up terhadap pengadaan pesawat MA 60 yang digunakan Merpati," kata Ketua Koordinator Serikat Buruh BUMN FX Arief Poyuono di Kantor KPK, Kamis 12 Mei 2011.

Sementara, Menteri BUMN Mustofa Abubakar sendiri sudah menjelaskan kronologi pengadaan pesawat. Pengadaan 15 pesawat produksi Xi'an Aircraft International Company (XAC) itu terdiri dari beberapa tahapan pengadaan mulai 2002 hingga selesai 2010. Baca juga: Kronologi Pengadaan Merpati MA60.

Ada Kesan Anies Baswedan Mulai Ditinggalkan Partai Pendukungnya, Menurut Pengamat

Laporan: Erick Tanjung l DIY

Chandrika Chika

Kondisi Terkini Chandrika Chika di Tahanan, Usai Jadi Tersangka Kasus Narkoba

Usai resmi ditahan, orangtua Chandrika Chika langsung menjenguk sang putri. Ibunda Chandrika Chika, Poppy Putry, mengungkapkan bahwa anaknya dalam keadaan yang baik.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024