SBY Terima Laporan Nazaruddin dari Ketua MK

Susilo Bambang Yudhoyono saat memberi klarifikasi Partai Demokrat
Sumber :
  • Antara/Widodo S. Jusuf

VIVAnews - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mendapat laporan kejadian yang melibatkan kader Partai Demokrat, Muhammad Nazaruddin. Laporan itu didapat bukan dari pengurus Demokrat, melainkan saat Presiden SBY menerima Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Mahfud MD.

"Di luar agenda resmi, saya bersama beliau (Mahfud MD) menggunakan waktu yang ada untuk membicarakan hal lain. Hal lain ini sebenarnya disampaikan oleh Pak Mahfud kepada saya sebagai Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat," kata SBY dalam keterangan pers mendadak di Istana, Jumat 20 Mei 2011.

Menurut SBY, Mahfud MD memberikan laporan itu dalam sebuah surat yang diterimanya beberapa hari lalu. Isinya, "tentang suatu kejadian yang melibatkan kader Partai Demokrat," kata SBY.

Atas surat dan penjelasan dari Mahfud itu, kata SBY, Partai Demokrat segera bekerja. Dan sekarang ini, pekerjaan itu masih berlangsung. "Atas apa yang disampaikan Ketua MK, yang bekerja DPP, Ketua Umum Partai, Dewan Kehormatan Partai yang dalam hal ini saya sebagai ketuanya," kata SBY.

SBY mengakui, sebagian media sudah mengetahui soal ini. Maka itu, agar tidak menimbulkan spekulasi apapun. "Saya bersama Pak Mahfud memilih memberikan penjelasan hari ini," jelas SBY.

SBY mengakui, surat itu berisi penjelasan tentang hal yang mengaitkan Muhammad Nazaruddin, Bendahara Umum Demokrat yang santer juga dikaitkan kasus proyek pengadaan Wisma Atlet Sea Games di Palembang, Sumatera Selatan.

"Kejadian yang mengaitkan salah satu kader Partai Demokrat, saudara Nazaruddin. Dalam penelaahan saya, bila terkait dengan masalah hukum itu bukan urusan saya. Itu urusan penegak hukum," tegas SBY.

Tetapi, SBY melanjutkan, perihal ini juga bisa dikaitkan dari sisi etika. "Dalam konteks itu kami sekarang bekerja untuk dapat mengklarifikasi. Itulah yang saya jelaskan dari kacamata saya," kata SBY. (eh)

Viral Aksi Emak-emak di Makassar Mengamuk Sambil Ancam Pakai Parang Penagih Utangnya
Song Hye Kyo dan Gong Yoo

Gong Yoo dan Song Hye Kyo Bakal Main Drama Sejarah Bareng

Penggemar drama Korea bersiaplah untuk menyambut kehadiran dua bintang top dalam sebuah kisah sejarah yang menggugah. Gong Yoo dan Song Hye Kyo, dua nama besar di Korea.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024