Maju Ketua PD Jatim, Soekarwo Tunggu SBY

Soekarwo alias Pakde Karwo.
Sumber :
  • VIVAnews/Adri Irianto

VIVAnews - Gubernur Jawa Timur Soekarwo masih belum memutuskan apakah akan maju sebagai Ketua DPW Partai Demokrat Jawa Timur di Musyawarah Daerah Partai Demokrat, 3-5 Juni 2011.

Soekarwo mengaku masih menunggu perintah dari Ketua Dewan Pembina Susilo Bambang Yudhoyono dan Ketua Umum Anas Urbaningrum. Tanpa restu dari mereka, dia mengaku tidak akan mungkin untuk maju.

"Saya ini sekarang anggota dewan pembina DPP dan ketua Majelis Pertimbangan Partai Demokrat Jatim, jadi ya menunggu perintahnya Mas Anas dan Pak SBY," kata Soekarwo, Jumat, 20 Mei 2011.

Soekarwo mengaku berkepentingan memimpin Partai Demokrat di Jatim untuk menjadikan politik di daerah itu sebagai politik yang santun. Alasannya, mayoritas ketua partai politik di Jawa Timur adalah seangkatannya.

Dia mencontohkan, Ketua DPD Partai Golkar Martono. Selain seangkatan, Martono juga mantan ketua tim sukses dirinya saat maju sebagai calon gubernur Jatim kemarin. Begitu pula Ketua DPD PAN Jawa Timur Soeyoto dan Ketua DPD PDI-P Jawa Timur Sirmadji.

"Mereka seangkatan saya, dengan semua pimpinan parpol saya punya hubungan baik," lanjutnya.

Soekarwo menampik anggapan banyak pihak yang mengatakan rugi bagi dia jika menjadi pimpinan partai. "Ada yang bilang saya malah turun derajat, itu ilmu politik lama. Masak kalau saya masak nasi goreng di rumah terus derajat saya turun, kan tidak," tuturnya.

Kesiapan Soekarwo maju sebagai kandidat ketua Partai Demokrat Jatim melengkapi empat calon yang juga 'mengaku' siap. Mereka adalah Ketua Indonesia Bisa Jawa Timur Bagus Haryosuseno, Sekretaris DPD Demokrat Jawa Timur Fandi Utomo, dan mantan Ketua DPD Demokrat yang juga Ketua DPRD Jawa Timur Sunardhi.

Terkait itu, Ketua DPD Demokrat Jawa Timur Ibnu Hadjar mengatakan dalam Musda, dirinya tidak akan mencalonkan diri. "Saya tidak maju, saya persilakan siapa pun asal kader Partai Demokrat," tegas Ibnu. (art)

Laporan : Tudji Martudji | Surabaya

Riset: Kebiasaan Belanja Orang Indonesia, Bandingin Harga di Situs Online dan Toko Offline
Kebakaran besar melanda Toko frame atau bingkai di Jalan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan (Jaksel) Kamis 18 April 2024 malam.

Polisi Bakal Panggil Pemilik Toko Frame yang Terbakar di Mampang hingga Akibatkan 7 Orang Tewas

Identitas para korban kebakaran telah diketahui.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024