Achmad Mubarok

“DPP Demokrat Harus Patuhi DK soal Nazar"

Presiden SBY Buka Kongres Demokrat
Sumber :
  • VIVAnews/Tri Saputro

VIVAnews – Anggota Dewan Pembina Demokrat Achmad Mubarok menyatakan, keputusan Dewan Kehormatan Demokrat yang mencopot Muhammad Nazaruddin dari jabatannya selaku Bendahara Umum Partai, berlaku efektif sejak saat keputusan itu diumumkan.

“Keputusan itu langsung berlaku sejak diumumkan, karena Dewan Kehormatan itu badan tertinggi dalam partai. Dewan Pengurus Pusat harus mematuhi dan tinggal mengikutinya saja,” kata Mubarok saat berbincang dengan VIVAnews, Selasa, 24 Mei 2011.

Sebelumnya, Nazaruddin sempat mengatakan masih menunggu sikap DPP Demokrat terkait pencopotan jabatannya oleh Dewan Kehormatan. “Ini kan baru keputusan Dewan Kehormatan. Nanti masih ada mekanisme rapat di DPP. Nanti mereka yang memutuskan apakah keputusan itu bisa diterima atau tidak,” kata Nazaruddin ketika dihubungi sesaat usai pengumuman pemberhentian dirinya.

Namun Mubarok membantah ucapan Nazaruddin itu. Menurutnya, mekanisme yang berlaku di Demokrat tidak demikian. Dewan Kehormatan sebagai badan tertinggi memegang keputusan final. “Wakil Ketua Dewan Kehormatan saja dipegang oleh Anas Urbaningrum yang juga Ketua DPP. Ketua Dewan Kehormatan bahkan SBY yang merupakan Ketua Dewan Pembina Demokrat,” ujar Mubarok.

Oleh karena itu, lanjutnya, keputusan Dewan Kehormatan tidak bisa dibantah. Nazaruddin dicopot dengan sejumlah pertimbangan, antara lain berbagai dugaan kasus yang melibatkan dirinya. Hal itu dipandang mengakibatkan konflik kepentingan dengan posisi Nazaruddin sebagai Bendahara Umum.

“Apabila yang bersangkutan tidak menjabat sebagai Bendahara Umum, maka di samping citra dan nama baik partai terhindarkan dari fitnah, yang bersangkutan bisa mencurahkan pikiran untuk menghadapi masalah hukum yang dihadapi,” kata Sekretaris Dewan Kehormatan Amir Syamsuddin, saat membaca keputusan Dewan Kehormatan semalam. (eh)

Viral di Media Sosial Tawuran Brutal Antar Pelajar, 3 Pelaku Terancam Hukuman Penjara 10 Tahun
Ilustrasi pengendara sepeda motor

Akibat Rem Mendadak, Pengendara Motor Tabrak Pikap hingga Terjungkal

Baru-baru ini terjadi di media sosial, sebuah video di media sosial memperlihatkan pengendara motor menabrak sebuah mobil pikap hingga terjungkal.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024