LSI: Pemilu Sekarang, Parpol Ini Menang

Ilustrasi bendera partai-partai politik beberapa waktu lalu.
Sumber :
  • Antara/ Fanny Octavianus

VIVAnews - Lembaga Survei Indonesia (LSI) kembali merilis survei terbaru mengenai pilihan Partai Politik (Politik) jika pemilihan umumĀ  (Pemilu) dilakukan sekarang. Hasilnya menunjukan, Partai Demokrat masih menjadi pilihan pertama masyarakat di Indonesia, meski perolehan suarannya turun dibanding hasil Pemilu 2009.

Dukcapil Jakarta Sebut 8,3 Juta Warga Akan Ganti KTP Saat DKI Berubah Jadi DKJ

Demokrat bersaing bersama dengan sembilan Parpol yang saat ini menguasai parlemen. Dari hasil survei LSI yang digelar beberapa waktu lalu, peroleh suara masing-masing Parpol adalah Partai Demokrat meraih 18,9 persen suara, PDI-P 16,7 persen, Partai Golkar 12,5 persen, PKB 4,5 persen, PKS 4,1 persen, PPP 4 persen, Gerindra 2,9 persen, PAN 2,4 persen, dan Partai Hanura 0,9 persen.

Menurut Peneliti Utama LSI, Saiful Mujani, meski Demokrat memperoleh dukungan terbesar, tapi kecenderungan menunjukan sentimen pemilih terhadap Parpol ini menurun.

"Sentimen pemilih pada demokrat sekarang di bawah hasil pemilu 2009, dan ini tidak pernah terjadi sejak pemilu 2004," kata Saiful Mujani saat jumpa pers pemaparan hasil survey "Pemilih mengambang dan prospek perubahan kekuatan partai politik." Presentasi itu berlangsung di kantor LSI, Jakarta, Minggu 29 Mei 2011.

Menurut Saiful, pihaknya juga menemukan hasil survei yang menunjukan persaingan yang ketat antara Partai Demokrat dan PDI-P. Alasannya, penurunan suara yang diperoleh Partai Demokrat biasanya menyebabkan kenaikan suara di kubu PDI-P.

Kondisi yang sama terjadi jika PDI-P mengalami penurunan suara. "Itu hukum LSI," kata Saiful.

KSAD Tegaskan TNI AD Tegak Lurus Selama Masa Transisi Kepimpinan Presiden Jokowi

Peluang Oposisi

Sebagai partai oposisi yang paling jelas, Saiful menilai PDI-P memperoleh tambahan dukungan bersamaan menurunnya sentimen pada Partai Demokrat. Persaingan semacam ini hanya dapat dijumpai pada kedua partai ini karena perolehan suara pada Parpol lain cenderung stagnan atau bahkan menurun.

PDIP Tak Mau Pusing Mikirin Jokowi dan Gibran yang 'Bakar' Rumahnya Sendiri

"Golkar datar saja, belum menunjukkan tanda kehidupan. Golkar sebagai partai besar belum menunjukkan kemajuan, menyamai dan apalagi melampaui hasil pemilu 2009," ujar Saiful.

Survei itu menunjukkan diantara sembilan partai bersaing, yang terlihat dinamis, terlepas positif atau negatif, adalah Demokrat, PDIP, PKS, dan Gerindra. Menurut dia, Sekarang anginnya sedang berada di oposisi. "Partai dalam koalisi tidak jelas dalam bersikap, kadang oposisi tapi ada didalam koalisi. Itu yang menjadikan mereka tidak di-reken," ujarnya.

Survei LSI ini digelar dari 10 hingga 25 Mei 2011. Jumlah survei yang dijadikan sample sebanyak 1220 responden. Margin error plus minus 2,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

[dok. Humas PT BUMI Resources Tbk]

Bumi Resources Masuk 7 Perusahaan Wajib Pajak Terbaik versi DJP Kemenkeu

PT Bumi Resources Tbk (BUMI) berhasil meraih penghargaan sebagai Perusahaan Wajib Pajak yang memberikan kontribusi terbesar ke negara tahun 2023.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024