Suara Riil PKS Selalu Dua Kali Hasil Survei

Tari seudati sebelum kampanye PKS di Bireuen, NAD
Sumber :
  • Antara/ Ampelsa

VIVAnews - Wakil Sekretaris Jenderal Partai Keadilan Sejahtera, Mahfudz Siddiq, menyatakan tak heran dengan hasil survei terbaru Lembaga Survei Indonesia yang menemukan suara partai Islam ini hanya di kisaran 4 persen. Menurut Mahfudz, sejak dulu, suara riil PKS adalah dua kali angka yang keluar di survei.

"Di beragam survei, sampai 2004, kisaran survei dua sampai tiga persen," kata Mahfudz di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin 30 Mei 2011. Dan hasil Pemilu 2004, suara PKS justru lebih dua kali dari hasil survei.

Kemudian, setelah itu, elektabilitas PKS berada di kisaran empat persen. "Tapi dalam realitas politik, deviasinya besar. Saya melihat basis statis pemilih PKS itu di empat persen," katanya.

Mengapa empat persen, karena basis pemilih secara demografis berada di perkotaan. Sehingga angka riil pemilih PKS justru dua kali lipat dari yang ditemukan dalam survei yang berbasis responden yang tersebar secara proporsional di desa dan kota.

"Ini kan konstan relatif 2008 sampai 2009 angkanya empat persen. Basis solid di situ. Kalau pemilu 2009 itu 4 persen, sisanya itu dinamis," katanya.

Bumi Resources Masuk 7 Perusahaan Wajib Pajak Terbaik versi DJP Kemenkeu

Mau tahu hasil surveinya, baca Survei LSI, Pemilih Demokrat Turun.

TikToker Galih Loss

Pengakuan TikToker Galih Loss Soal Video Diduga Menistakan Agama: Saya Menyesali Semua

Galih Loss menyampaikan permohonan maaf kepada seluruh umat muslim atas konten yang dibuatnya.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024