Bawaslu Punya 2 Surat MK yang Diduga Palsu

Anggota Bawaslu, Bambang Eko Cahyo
Sumber :
  • VIVAnews/Tri Saputro

VIVAnews - Ketua MK Mahfud MD telah melaporkan kepada kepolisian mengenai dugaan pemalsuan sebuah surat atas hasil keputusan sengketa suara pemilu. Namun, ternyata Bawaslu juga menemukan ada dua surat terkait putusan MK atas sengketa pemilu yang diduga palsu.

"Kalau surat tersebut dinyatakan palsu, saya juga punya beberapa surat yang lain yang formatnya kurang lebih sama," ujar Ketua Bawaslu Bambang Eka Cahya Widada dalam rapat kerja dengan Komisi II DPR RI, Jakarta, Senin 6 Juni 2011.

Bambang menjelaskan sebenarnya Bawaslu juga sudah menemui Ketua MK untuk menanyakan apa yang harus dilakukan terkait keganjilan surat temuannya itu. Namun Ketua MK, lanjut Bambang, tidak memberikan jawaban saat itu dan berjanji akan membentuk tim untuk menyelidiki masalah surat tersebut.

Bawaslu pun kemudian menyerahkan kepada MK untuk menelusurinya. Tetapi kemudian ternyata ketua MK melaporkan dugaan pemalsuan surat. Padahal Bawaslu belum pernah dikabari bagaimana hasil penyelidikan tim yang dibentuk oleh MK.

"Kami menunggu hasil. Kami tidak tahu hasilnya apa. Sampai hari ini, dari Agustus 2009, kami tidak pernah mendapat kabar surat itu apa. Tiba-tiba muncul di media surat itu sudah dilaporkan ke polisi," kata Bambang.

Menurut Bambang, merupakan  kewajiban Bawaslu  melapor kepada MK mengenai dugaan surat palsu tersebut. Sebab jika memang ternyata surat itu palsu, tentu isinya tidak boleh diberlakukan.

"Apa surat itu asli apa palsu sampai detik ini kami tidak tahu. Kami tidak punya kewenangan dan kapasitas," kata Bambang.

Tapi, menurut Bambang, jika memang kasus surat yang diduga palsu itu dibongkar, mestinya tidak hanya satu orang yang diganti di DPR. Karena menurut Bambang setidaknya ada dua sampai empat surat yang menurutnya serupa itu.

"Mungkin tidak hanya satu kursi yang berubah," kata Bambang. "Jumlahnya saya tidak ingat persis. Antara dua sampai empat diluar Mestriani.

Sementara anggota Bawaslu, Nur Hidayat Sardini, menambahkanBawaslu mempunyai dua surat yang serupa dengan yang dilaporkan Mahfud ke polisi kemarin.

"Begitu kami tunjukkan Ketua MK, yang kami tunjukkan dua. Pak Ketua MK punya dua. Diluar itu saya tidak tahu," kata Nur Hidayat.  (umi)

Profil Dio Novandra, Pacar Megawati Hangestri yang Dikenalkan ke Para Pemain Red Spark
Rowoon

Rowoon Ungkap Alasan Keluar dari SF9 dan Fokus di Akting Sebagai Aktor

Rowoon eks anggota SF9 baru-baru ini akhirnya mengungkapkan alasan di balik keputusannya untuk meninggalkan grup idola tersebut dan beralih fokus ke dunia akting. 

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024